Xiaomi Ternyata Sudah Menggunakan Kamera Tersembunyi

Meski Vivo menjadi vendor smartphone pertama yang menelurkan produk smartphone berkamera tersembunyi dengan mekanisme pop-up, Xiaomi rupanya punya argumen yang berbeda.

Pabrikan asal China tersebut mengklaim bahwa mereka telah memiliki desain ponsel dengan mekanisme kamera pop-up sejak 2015 lalu. Mekanisme ini menyembunyikan kamera di bodi ponsel saat sedang tidak dipakai. Modul kamera baru akan menyembul ke atas (pop-up) apabila diperlukan pengguna, misalnya saat ingin menjepret selfie lewat aplikasi kamera.

Hal itu diutarakan oleh Director Product Management Xiaomi Global, Donovan Sung lewat akun Twitter resminya.

Dalam kicauannya ia menggunggah dua buah foto seraya mengatakan bahwa sejak 2015 lalu, Xiaomi telah mengajukan paten untuk desain kamera pop-up dan membuat beberapa produk sampel.

Donovan mengklaim rancangan itu sejatinya adalah desain awal ponsel seri Mi Mix. Jika dilihat sekilas, gambar desain ponsel yang diunggah Donovan tersebut terlihat mirip dengan Vivo Nex. Kamera depannya disembunyikan lewat sebuah laci kecil yang dapat bergerak ke atas-bawah.


“Pada awal 2015 kami telah mengajukan paten untuk kamera pop-up dan membuat beberapa perangkat uji coba. Kami akhirnya memilih mekanisme geser untuk #MiMIX3, untuk menjadi dasar tampilan layar penuh yang lebih baik, terutama untuk fotografi,” ungkap Donovan.

Donovan tak menjelaskan lebih lanjut mengapa desain pop-up tersebut tak diterapkan pada ponsel Mi Mix meski sudah diptenkan sejak lama. Saat ini memang ada beberapa vendor ponsel pintar yang membuat terobosan pada penempatan kamera depan. Mereka membuat kamera depan dengan letak yang tersembunyi di bagian dalam ponsel. Kamera depan tersebut dapat diakses dengan cara tertentu.

Seperti Vivo Nex dan Oppo Find X yang secara otomatis muncul ketika tombol kamera ditekan. Kamera depan Xiaomi Mi Mix 3 sendiri kabarnya dapat diakses manual dengan menggeser bagian layar ke bawah dan bagian punggung ke atas.

Mi Mix 3 akan diperkenalkan pada 23 Oktober mendatang. Xiaomi telah mengonfirmasi tanggal peluncuran ini lewat unggahan poster di akun Twitter resminya.

Kamera Mi Mix 3 akan tersembunyi di tengah-tengah bodi yang terpisah menjadi dua bagian, yakni bagian depan dan punggung.

Ponsel ini akan mengusung kamera depan ganda, sayangnya belum ada bocoran mengenai konfigurasi modul kamera ganda belakang.

 



Leave a Reply