Tips Jika Laptop Anda Terkena Air.

Rutinitas saat Anda bekerja di kantor, mungkin Anda menaruh gelas berisi air minum. Terkadang, hentakan kecil bisa terjadi menyebabkan air dapat mengenai perangkat laptop.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan bila laptop anda terkena air.

Matikan Laptop

Pertama dan segera dilakukan ialah menyimpan dokumen pekerjaan, menutup aplikasi dan melakukan shut down pada notebook. Matikan seluruh aliran listrik yang tersambung dengan notebook.

Balikan Laptop

Apabila air tumpah di atas permukaan laptop. Sebelum air merembes masuk ke bagian mesin, maka yang perlu dilakukan ialah memutar Laptop agar air jatuh keluar.

Cabut Baterai

Cabut baterai dari Laptop. Ini mencegah air mencapai unit baterai dan mencegah terjadinya arus pendek.

Cabut Device Peripheral

Beberapa perangkat peripheral seperti USB dongle dan SD Card perlu segera dilepas dari LAptop. Bagian fisik dari device ini juga perlu dikeringkan apabila terpapar air.

Serap Lembab

Buka Laptop Anda, ambil serat handuk dan mulailah mengeringkan sebanyak cairan yang Anda bisa.

Lepaskan Komponen

Komponen hard drive dan RAM bisa dilepas dari Laptop. Untuk mencegah terjadi kerusakan pada hardware, sebaiknya Anda melepas perangkat tersebut.

Keringkan Laptop

Tinggalkan laptop selama 48 jam di tempat kering dan biarkan udara masuk ke celah-celah Laptop secara alami. Anda juga bisa menaruh baterai laptop ke dalam wadah berisi beras untuk membantu menyerap lembab.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/02/19/92/1316746/ini-yang-dilakukan-bila-laptop-anda-terguyur-air



Leave a Reply