Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

1. Kenali kamera smartphone yang digunakan

Smartphone jaman sekarang, meskipun bukan flagship, kamera yang disematkan di smartphone low-end dan mid-end juga sudah cukup memenuhi kebutuhan fotografi untuk orang awam.

Yang harus kamu lakukan adalah mengenali seluk beluk kamera yang terpasang di smartphone kamu. seperti resolusi, brightness, shooting mode, contrast, dan yang lain.

2. Lebih dekat dan penuhi viewfinder

fill viewfinder

jika kamu berada jauh dari objek foto, itu hanya akan mendapat figure kecil dan kalah dari background sekitar. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus hindari zoom karena akan mengurangi kualitas gambar. mendekat dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek foto.

3. Selalu ingat komposisi Rule of Thirds

Anda tidak selalu bisa menempatkan objek foto di tengah frame. Jika ingin foto yang dihasilkan senatural mungkin, gunakan komposisi Rule of Thirds. Pemikiran di balik komposisi Rule of Thirds adalah untuk memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal.

Beberapa kamera smartphone memiliki pengaturan yang akan menempatkan garis-garis untuk mudah melihat komposisi terbaik saat mengambil gambar. Poin di mana garis-garis ini berpotongan adalah di mana anda harus menempatkan objek foto di frame.

4. Dapatkan pencahayaan terbaik

Pencahayaan Natural selalu menghasilkan warna foto yang lebih baik daripada foto yang diambil dengan flashkamera. Jika kamu mengambil foto di dalam ruangan, cari cahaya buatan atau cahaya kecil yang natural untuk merefleksikan hasil foto.

5. Gunakan objek manusia untuk hasil yang lebih baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemandangan lingkungan yang tertangkap oleh mata akan sangat sulit diabadikan hanya dengan kamera smartphone. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan objek manusia dalam foto tersebut. Hal ini membuat hasil foto lebih pribadi dan memorable. Tentu saja memberikan kesan lebih untuk pemandangan tersebut.

6. Jaga lensa kamera selalu bersih dan jernih

jika hasil foto anda berbayang atau berembun, kemungkinan ada kotoran dan debu menempel di lensa kamera. pastikan keadaan lensa bersih agar setiap momen yang terpotret jernih. bisa gunakan casing smartphone untuk menjaga lensa tetap bersih.

7. Tambahkan sentuhan aplikasi olah foto

Banyak smartphone yang dibekali dengan editing tools yang mumpuni untuk memaksimalkan hasil foto. Secara umum lebih baik meng-crop foto dari pada me-zoom. tambahkan filter, enhance colors, brightness and contrast, serta banyak lagi. bisa juga mengolah hasil foto di PC dengan Photoshop atau software edit foto Lainnya.

Sumber : https://jalantikus.com/tips/7-tips-fotografi-kamera-smartphone/



Leave a Reply