Tips Bebas Pusing Saat Menggunakan Headset VR

Apakah kamu pernah menggunakan headset virtual reality (VR) dan merasakan pusing setelah beberapa saat memakainya? Gejala tersebut kerap disebut sebagai motion sickness. Pada jarak pandang normal, masing-masing mata bekerja sama mengirimkan sinyal proyeksi obyek ke otak. Kemudian otak memproses hasil proyeksi kedua mata untuk menciptakan gambar obyek yang utuh.

Pada VR, karena jarak sumber gambar yang terlalu dekat dengan mata, dipasang lensa untuk memotong jarak pandang. Dan hal tersebut membuat mata kiri dan kanan dipaksa bekerja secara terpisah dalam membentuk proyeksi gambar ke otak. Inilah yang menjadikan mata kelelahan dan timbul efek mual.

Produk Manager Acer Indonesia Dimas Setyo memberikan Tips Bebas Pusing Saat Menggunakan Headset VR:

1. Arah

Melihat searah gerakan. Jangan melihat yang melawan arah. Dicontohkan saat bermain game rollercoaster, sebaiknya melihat ke depan, jangan menoleh ke samping.

2. Frame Rate

Usahakan untuk memainkan konten yang memiliki frame rate tinggi. Sebab konten dengan frame rate rendah mudah menyebabkan motion sickness.

3. Waktu

Awal mula memakai headset VR disarankan 5-15 menit. Jika sudah terbiasa, bisa ditambah hingga mencapai 30 menit atau lebih bilamana keseimbangan sudah baik.

source: detik.com



Leave a Reply