Terungkap, Ini Fakta Fungsi Awal Roda di Mouse

Bagi pengguna komputer atau laptop pasti sudah tak asing dengan scrool wheel (roda gulir) yang ada di mouse. Komponen yang terletak di antara tombol kanan dan kiri mouse ini biasanya digunakan untuk menggulirkan tampilan di layar.

Namun tahukah kamu, ternyata kemampuan itu tak sama dengan fungsi awal dari komponen tersebut. Hal ini diketahui dari salah satu orang yang dianggap berperan dalam pengembangan scroll wheel di mouse, yakni Jack McCauley.

Menurutnya, fungsi dari scroll whell saat ini sebenarnya tak sama dengan rencana awal saat mengembangkan komponen itu. Alih-alih hanya digunakan untuk fungsi naik turun saja, ia mengaku memiliki rencana untuk memanfaatkan fungsi komponen itu di aplikasi.

“Kamu dapat menjelajah X dan Y dengan kursor, tapi saya ingin berkeinginan agar fungsi komponen roda tersebut lebih dari itu,” ujarnya seperti dikutip dari IGN, Rabu (25/10/2017). Sayangnya, ia tak menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana tersebut.

Kendati fungsi scroll whell tak seperti yang direncanakan oleh McCauley, tak dimungkiri fungsinya saat ini masih sangat penting.

Berbekal fungsi roda tersebut, pengguna yang akrab mengoperasikan komputer atau laptop dimudahkan saat ingin menavigasikan layar.

1 dari 2 halaman

Kombinasi Ctrl+Alt+Del

Kasus semacam ini sebenarnya tak asing lagi di dunia teknologi. Salah satu yang cukup menarik perhatian publik adalah fungsi kombinasi Ctrl+Alt+Del yang sebenarnya tak disukai oleh pendiri Microsoft Bill Gates.

Bahkan, ia menyebut seandainya dapat kembali ke masa lalu, mungkin dirinya bakal mengubah kombinasi tersebut. Adapun alasan di balik munculnya kombinasi itu karena insinyur IBM tak mau memberi Microsoft satu tombol untuk fungsi itu.

Kombinasi Ctrl+Alt+Del biasanya digunakan pengguna Windows untuk mengakses task manager atau mengunci komputer.

Kombinasi ini dirancang oleh engineer IBM, David Bradley. Di awal 1990-an, kombinasi tombol tersebut dirancang untuk me-reboot PC.



Leave a Reply