Teknologi Aplikasi PeduliLindungi

Penjuru Media – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kini telah menghadirkan sebuah aplikasi PeduliLindungi guna melacak pasien positif COVID-19 yang beraakibar dari infeksi virus corona SARS-COV-2.

Pada aplikasi tersebut, warga yang terinfeksi COVID-19 bakal terlacak. Dikutip dari CNN Indonesia, Aplikasi ini bekerja sama dengan seluruh operator seluler, yang dimana bisa melacak lokasi pasien selama 14 hari ke belakang, melacak lokasi secara live dan mencegah pasien melewati daerah karantina.

Trace Together yang dikembangkan oleh pemerintah singapura, yang dimana aplikasi ini bisa memberitahu pengguna jika sempat kontak fisik seperti berbicara atau berpapasan dengan pasien tersebut.

Berikut penjelasan yang dikutip dari CNN Indonesia beberapa hari yang lalu (26/3),

“ Trace together dimaksudkan untuk melindungi setiap orang yang pernah berada di sekitar orang terinfeksi corona di mana yang bersangkutan mungkin tidak mengetahui atau menyadari. Aplikasi ini akan mengingatkan yang bersangkutan untuk melakukan langkah-langkah sesuai petunjuk petugas kesehatan yang dikirim via pesan seluler”

Aplikasi peduliLindungi ini telah  telah di unduh 100ribu pengguna aktif (31/3). Tapi sayang sekali, aplikasi ini belum tersedia untuk pengguna iOS. Aplikasi tersebut dikembangkan ole PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi, silahkan klik pada link ini.

Cara pemakaiannya silahkan simak dibawah ini,

  1. Silahkan unduh aplikasi tersebut,
  2. Setelah itu, klik jadi Partisipan pada tombol berada di paling bawah
  3. Lalu, masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif guna dikirimi kode OTP
  4. Masukkan kode OTP tersebut dan klik Verifikasi.

Pada bagian bawah, terdapat kalimat yang bertuliskan, “Kami memerlukan data Nomor Handphone Anda. Kami memerlukan data Anda agar kami dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi Corona (Covid-19)”. Lalu klik Saya Setuju.

Pada aplikasi ini, ada beberapa permintaan akses Bluetooth, seperti pada gambar dibawah ini

Klik lanjutkan, lalu pilih opsi Allow/ Izinkan. Dan selamat Anda menjadi partisipan PeduliLindungi.

Cara kerja Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi  ini menggunakan Bluetooth pada ponsel Anda guna merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data ini terjadi bila ada gadget orang lain dalam radius Bluetooth (biasanya 1meter hingga 10meter) yang dimana orang tersebut berpartisipasi dalam aplikasi PeduliLindungi.

Langkah selanjutnya, aplikasi ini akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jangkauan dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini sangat membantu Anda, jika petugas kesehatan menghubungi Anda bahwa pernah berada dalam jarak tertentu dengan positif COVID-19, PDP dan ODP.

Kerahasiaan Data Pribadi Anda

Pengembang menegaskan bahwa data yang di kumpulkan hanya identitas gawai dan waktu saat Anda berada dalam jangkauan yang dekat dengan gawai lainnya, yang dimana terinstall juga aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini akan merekam data perangkat satu sama lainnya dalam format yang terenkripsi.

Pengembang menegaskan juga aplikasi ini tidak merekam data geolokasi.

Selain itu nomor ponsel yang Anda daftarkan akan di relasikan dengan ID random pada server yang aman. Data juga tidak akan diakses kecuali jika Anda dalam keadaan risiko tertular COVID-19.

Saat menggunakan aplikasi ini bisa berjalan lancar dan respon yang cukup cepat. Namun, belum sepenuhnya dipastikan seberapa akurat layanan peringatan bagi pengguna yang pernah berinteraksi dengan pasien COVID-19.



Leave a Reply