Sejarah Tentang Wifi, Kamu Harus Tahu!

Jika kamu berpikir bahwa kata “Wi” itu berasal dari kata Wireless, ya kamu memang benar. Tapi, apa singkatan dari sambungan kata “Fi”? sebagian dari kamu pasti akan menjawab jika Fi itu adalah Fidelity. Jadi, WiFi punya arti Wireless Fidelity kan? Jawaban ini ternyata salah!

Sebelum tercipyanya nama WiFi, masih menggunakan sebutan IEEE 802.11. Dan untuk menciptakan brand awareness, sebutan IEEE 802.11 sangatlah sulit untuk diingat. Sedangkan, cara mengucapkannya pun kurang pas.

Dari haltersebut terjadilah pergeseran nama yang disebut dengan Wireless Fidelity. Tapi, kenapa bisa sangat jauh, yang awalnya namanya IEEE 802.11 jadi wireless fidelity?

Jadi begini, nama IEEE 802.11 merupakan sebutan yang kurang enak dan tidak susah untuk diingat. Jadi, Wireless Ethernet Compatibility Alliance memikirkan sebuah nama yang simple dan mudah diingat, yang tentunya lebih catchy.

Muncullah nama Wi-Fi atau WiFi. Lalu, apa korelasinya dengan Wireless Ethernet Compatibility Alliance atau IEEE 802.11 tersebut? Tentu saja tidak ada. Maka, pihak Wireless Ethernet Compatibility Alliance takut kalau punya sebuah nama tapi tidak ada maknanya.

Kemudian mereka sepakat untuk membuat sebuah tagline, “The Standard for Wireless Fidelity”, yang akhirnya pada tahun 2000 itu membuat banyak orang bingung. Dan setelah nama Wi-Fi sukses dari segi bisnis dan marketing, baru deh tagline tersebut diberhentikan.

Jadi, sekarang nama Wireless Ethernet Compatibility Alliance disingkat menjadi Wi-Fi Alliance karena asal-usul yang seperti di jelaskan di atas. Lalu, apa arti dari Wireless Fidelity? Jawabannya, tidak ada. Hanya sebuah usaha untuk membuat kata Wi dan Fi jadi tersambung.

(Source by : JalanTikus)



Leave a Reply