Seberapa Penting Menentukan Nama Domain Website? Check Disini!

Pada jaman sekarang, sudah banyak orang yang menggunakan bisnis online. Bisa melalui e-commerce misal tokopedia atau shoope yang lagi trend. Kenapa penting menentukan nama domain buat sebuah website? Tentu saja nama domain itu sendiri adalah identitas perusahaan atau brand Anda di internet.

Dalam berbisnis di era digital sekarang ini, jangan meremehkan hal-hal yang terlihat kecil atau menyepelekan pembuatan nama domain dengan website. Sangking pentingnya, bahkan ada beberapa segilintir perusahaan yang dengan sengaja membeli domain terlebih dahulu sebelum membuat brand bisnisnya.

Nama domain ialah alamat bisnis Anda yang ada di internet, jika tidak ada nama domain maka sulit untuk pencarian nama bisnis/perusahaan/brand Anda. Jika Anda tidak segera membeli maka akan segera di beli orang lain.

Nama domain tersebut tidak bisa duplikasi atau dicopy, karena nama domain tersebut unik. Jadi orang tidak dapat membuat nama domain dengan nama yang sama, misal penjurumedia.co.id. Nah, nama domain tersebut adalah unik alias tidak bisa di duplikasi. Jika Anda misal membeli dengan ekstensi yang berbeda itu tentu bisa, misal penjurumedia.id atau penjurumedia.com dan lainnya.

Oleh karena itu, kami dengan sangat merekomendasikan Anda untuk segera membeli atau keep domain untuk brand/calon brand Anda. Namun, tidak boleh sembarangan menentukan nama domain. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak pentingnya menentukan nama domain website dibawah ini.

Lalu, apa tips untuk menentukan nama domain ?

Dalam menentukan nama domain untuk website, setidaknya ada 4 poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Apa saja? simak dibawah ini.

  1. Nama Domain Website Berdasarkan Merk / Brand Anda
    • Menggunakan nama brand sebagai nama domain memang salah satu yang paling sering dipilih. Namun perlu di ingat resiko yang wajib Anda tanggung. Anda wajib ber-iklan impresi secara besar-besaran untuk memperkenalkan brand. Ini dikarenakan orang tidak akan mengetahui apa yang Anda jual jika hanya dari nama brand saja.
  2. Nama Domain Website Berdasarkan Nama Perusahaan Anda
    • Anda juga bisa menggunakan nama perusahaan untuk memesan domain. Ini kasusnya sama dengan berdasarkan Brand. Anda wajib iklan impresi untuk memperkenalkan jasa.
  3. Tentukan Berdasarkan Nama Produk Anda
    • Berbeda dengan ke-2 poin diatas, menentukan nama domain dengan berdasar pada nama produk adalah yang paling banyak digunakan. Anda juga harus bersaing dulu-duluan dengan jutaan orang diluar sana. Misalnya : bajupolosjakarta(dot)com. Domain tersebut sudah langsung bisa dibaca dan dimengerti oleh para Googler (orang yang Googling) jika pemilik website memang menjual baju polos di daerah Jakarta.
    • Keuntungan menggunakan pilihan ini adalah website akan mudah ter-index Google dan SEO akan mudah naik apabila website memang dirawat dengan baik.
  4. Tentukan Berdasarkan Nama Jasa Anda
    • Opsi terakhir ini kasusnya sama dengan poin No. 3, keuntunganya pun juga sama. Jadi tidak perlu saya bahas ulang ya.

Jika Anda ingin konsultasi langsung, silahkan kontak ke nomor 08566644412. Itu saja sedikit penjelasan untuk menentukan sebuah nama domain website. Bila ada kekurangan atau tidak paham silahkan isi pada kolom komentar dibawah ini.

Sekian, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

sumber dari : solusidigital.co.id



Leave a Reply