Samsung S10 Plus Mendapat Gelar Kamera Selfie Terbaik

Situs benchmarking kamera DxOMark menobatkan kamera selfie Samsung Galaxy S10 Plus sebagai yang terbaik. Galaxy S10 Plus mencatatkan angka 96, jauh lebih unggul dibanding Huawei Mate 20 Pro dengan skor 75 dan P20 Pro dengan skor 72.

Tak bisa ditampik bahwa keunggulan jepretan swafoto dari Galaxy S10 Plus ditunjang oleh modul kamera selfie gandanya. Fitur ini juga menjadi pembeda Galaxy S10 Plus di antara dua varian lain, yakni Galaxy S10 reguler dan Galaxy S10e yang sama-sama dibekali kamera depan tunggal.

Lalu, seandal apa kamera selfie di Galaxy S10 jika dibandingkan dengan jajaran flagship dari vendor pesaing, yakni iPhone XS, OnePlus 6T, dan Google Pixel 3?

Sambil membandingkan hasil foto keempat perangkat yang telah dicoba oleh Phone Arena dan tak ada salahnya turut membedah masing-masing spesifikasi kamera depan yang diusung.

Perbandingan dari ketiga Smarphone (kompas.com)

Perbandingan spesifikasi

Seperti dikatakan di awal, Galaxy S10 Plus berbekal kamera ganda. Kamera selfie utama Galaxy S10 Plus beresolusi 10 megapiksel dengan bukaan diafragma f/1.9.

Sedangkan kamera sekundernya beresolusi 8 megapiksel, bukaan f/2.2 yang berfungsi untuk membuat efek bokeh saat membidik selfie.

Dengan adanya kamera kedua, diharapkan hasil bokeh yang didapatkan bisa lebih natural. Bukan seperti hasil bokeh dari manipulasi software yang seringkali meninggalkan celah.

Sementara itu, iPhone XS hanya dibekali kamera depan tunggal dengan resolusi 7 megapiksel bukaan, f/2.2 Sebagai penunjang, Apple menyematkan noise reduction di software di kamera depan yang diharapkan bisa memberikan hasil foto selfie yang dianggap mumpuni.

Namun, penggunaan noise reduction sempat menuai kontroversi. Pasalnya, hasil jepretan justru terlihat terlalu halus seakan menggunakan mode “beautify”. Tak hanya tampak kelewat halus, hasil selfie juga disebut kurang tajam, kontras dan tingkat kecerahannya nya juga dianggap lebih rendah.

Namun pihak Apple membantah memasang fitur beautify di kamera depan iPhone XS. Mereka mengkalim menggunakan cara kerja kamera yang berbeda. Kamera depan iPhone XS membidik dengan shutter speed yang lebih cepat dan ISO yang lebih tinggi.

Perbandingan dari ketiga Smarphone (kompas.com)

Alhasil, noise reduction di iPhone XS tak hanya membuat kulit wajah saja yang tampak halus tapi juga semua elemen visual dalam foto.

Setelah banyak diprotes, akhirnya Apple mengeluarkan pembaruan iOS untuk memperbaiki kualitas foto selfie dari iPhone XS.

Penyematan kamera tunggal juga diadopsi oleh OnePlus 6T. Kamera depan OnePlus 6T memiliki resolusi 16 megapiksel dengan bukaan lensa f/1,7. Bagimana dengan Google Pixel 3?

Dari penilaian kamera selfie, DxOMark mengganjar Google Pixel 3 dengan skor 92. Nilai tersebut hanya selisih empat angka dibanding Galaxy S10 Plus. Sama halnya dengan Galaxy S10 Plus, Google menyematkan kamera ganda di Google Pixel 3.

Perbandingan dari ketiga Smarphone (kompas.com)

Masing-masing kamera beresolusi 8 megapiksel. Salah stau kamera berfungsi untuk memotret wide-angle 97 derajat. Tujuannya adalah agar pengguna bisa melakukan group selfie lebih maksimal.

Setelah melihat hasil selfie keempat ponsel, hasil selfie dari kamera depan mana yang menurut Anda lebih baik?

Source : kompas.com



Leave a Reply