Samsung Hilangkan Colokan Earphone ? Seperti Apple

Kendari sejumlah pabrikan smartphone memangkas port audio 3,5mm pada perangkat flagship masing-masing, Samsung memilih untuk tetap mempertahankan konektor tersebut pada duo ponsel Galaxy S dan Galaxy Note andalannya.

Namun hal tersebut mungkin tak akan bertahan lama karena sebuah rumor yang beredar belakangan ini menyebut Samsung berniat menghilangkan jack audio 3,5mm tersebut pada perangkat mendatang. Belum jelas smartphone Samsung model apa yang tak akan memiliki port audio.

Bisa jadi Galaxy S10 yang disinyalir bakal meluncur awal tahun depan, atau mungkin pula flagship setelahnya, sebut saja Galaxy S11 atau Galaxy Note 10.  Kenapa pula Samsung dikabarkan berniat menghapus jack audio 3,5mm dari perangkatnya? Laporan dari WccfTech, Senin (15/10/2018) menyebutkan bahwa pabrikan elektronik Korea Selatan itu ingin menambah sejumlah fitur baru.

Tepatnya, fitur anyar yang bisa menghilangkan port audio diduga adalah pemindai sidik jari yag tertanam di layar (in-display fingerprint scanner). Ada juga rumor soal Hyper-Fast Wireless Charging berupa pengisi daya nirkabel yang bisa bekerja lebih cepat dari wireless charging biasa, dengan keluaran daya hingga 50 watt.

Sebagai ganti konektor audio yang dipangkas, Samsung kemungkinan bakal memberikan dongle converter USB type-C ke port 3,5mm. Ini pula solusi yang diberikan oleh pabrikan lain yang telah lebih dulu menghilangkan port tersebut.  Pabrikan pertama yang melenyapkan jack audio 3,5mm dari perangkat ponselnya adalah Apple di seri iPhone 7. Padahal, konektor itu masih banyak dipakai.

Pengguna pun terpaksa mengandalkan dongle converter atau, headphone khusus, atau sambungan Bluetooth. Setelah kemunculan iPhone 7, sejumlah pabrikan Android seolah latah mengikuti langkah Apple dan mulai menghilangkan jack audio dari produknya.

 



Leave a Reply