Samsung Galaxy S10 Dibekali Pengolah AI

Bocoran informasi tentang Galaxy S10 kembali beredar. Kali ini, calon smartphone andalan baru Samsung itu  disebut-sebut akan menggunakan  prosesor khusus AI.

Prosesor dimaksud tak lain adalah Neural Processing Unit (NPU) yang tertanam di dalam System-on-Chip (SoC). Tugas NPU adalah menangani pengolahan fungsi-fungsi terkait AI.

Dugaan di atas  muncul dari detail profil LinkedIn seorang mantan engineer NPU yang kini bekerja di Samsung.  Informasi di dalamnya menyebutkan bahwa sang engineer berperan merancang “NPU generasi kedua” dari Samsung”.

Baca Juga : Samsung Galaxy S10 Punya 3 Kamera Dibelakang

Secara tersirat, berdasarkan detail tersebut, Samsung sebenarnya telah memiliki NPU pertamanya. Namun, prosesor ini tidak ditemukan di dalam SoC Exynos 9810 yang memperkuat Galaxy S9, seri smarphone flagship terkini dari sang pabrikan.

Meski NPU generasi pertama tak pernah muncul, NPU “generasi kedua” bikinan Samsung disinyalir bakal tertanam di SoC Exynos 9820 yang kabarnya akan memperkuat Galaxy S10,

Sebelumnya, Huawei dan Apple telah lebih dulu menerapkan NPU di SoC masing-masing, yakni Kirin 970 untuk (Huawei) dan untuk A11 Bionic.

Kedua pabrikan kini telah meluncurkan generasi kedua dari SoC masing-masing yang dibekali dengan NPU. Apple A12 Bionic hadir di trio iPhone XS, XS Max, dan XR, sementara Kirin 980 disiapkan untuk Huawei Mate 20 yang akan segera meluncur.



Leave a Reply