Ponsel Impian Para Gamers Telah Dijual Global

Setelah Asus ROG phone diperkenalkan Juni 2018 di Computex 2018 Taipei, akhirnya, ponsel yang disenjatai spesifikasi tinggi untuk bermain game itu sudah dapat dipesan mulai minggu ini, setidaknya untuk peminat di Amerika Serikat.

Situs e-commerce Amazon, situs resmi Asus, dan bahkan Microsoft Store telah membuka tahap pemesanan ponsel gaming anyar itu pada akkhir pekan lalu. Terpampang di situs tersebut, harga varian Asus ROG Phone dengan storage 128 GB dijual sekitar 899 dolar AS (Rp 13,6  jutaan).

Sementara, varian dengan storage 512 GB  dibanderol 1.099 dolar AS (Rp 16,7 jutaan). Harga tersebut sudah mencakup bundel cooling fan, tapi  belum termasuk aksesori tambahan lain untuk smartphone ini. Asus diketahui menyediakan sejumlah aksesori pelengkap untuk ROG Phone, seperti controller serupa gamepad (GameVice Control), desktop dock, hingga twin view dengan layar kedua mirip konsol game handheld yang dijual terpisah.

Asus ROG Gaming
Dikutip dari halaman penjualan(Asus).Amerika

Asus ROG Phone akan mulai dikirim ke pemesan di Amerika Serikat pada 29 Oktober mendatang. Sebelumnya, ROG Phone dikabarkan sudah mulai djual di negeri asalnya, Taiwan, pada awal Oktober. Beberapa negara lain termasuk Inggris di Eropa dan Filipina di Asia Tenggara dijadwalkan menyusul belakangan, juga di bulan Oktober ini.

Kapan datang ke Indonesia?

Ponsel tersebut sudah bisa dipesan di beberapa situs luar negeri, pihak Asus belum memastikan kapan Asus ROG Phone akan resmi meluncur di Indonesia. Jimmy Lin, South East Regional Director Asus, mengatakan smartphone gaming ini direncanakan masuk Indonesia sekitar kuartal-IV 2018.

“Tapi jadwal pastinya belum kami tentukan,” ujar Lin.

Saat hadir di Indonesia nanti, ROG boleh jadi akan mempelopori ceruk pasar baru yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia, yakni smartphone gaming kelas atas.

Secara terpisah, Head of Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia Muhammad Firman menerangkan bahwa Asus ROG Phone belum memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen untuk bisa dipasarkan di Indonesia. Menurut Firman, Asus akan menempuh pemenuhan TKDN dari kombinasi jalur hardware melalui perakitan di Indonesia dan software.

“Kami sedang mengusahakan. Mungkin akan ditambah dengan aplikasi lokal,” ujarnya.

Asus ROG Phone memiliki layar berukuran 6 inci (2.160 x 1.080, 18:9), sementara dapur pacunya menggunakan Snapdragon 845 yang ditingkatkan kecepatannya lebih lanjut lewat overclock. Komponen lain mencakup RAM 8 GB, storage 128 GB atu 512 GB, baterai 4.000 mAh dengan fast charging, kamera ganda 12 megapiksel dan 8 megapiksel, serta kamera depan 8 megapiksel.



Leave a Reply