Platform Terbaik untuk Nge-Blog di Internet

Platform Terbaik untuk Nge-Blog di Internet

Pada kali ini, kami akan share beberapa platform terbaik untuk kalian yang suka nge-Blog nih hehehe. Oke langsung saja pada pembahasannya yaa:)

Dibawah ini ada 5 Jenis platform dari beberapa platform yang lain, ini hanya pilihan dari mimin saja. Sebelum kalian memilih platfrom yang akan di pakai, pastikan kalian juga benar benar pilih yang sesuai dengan kebutuhan dulu yang utama, yang dimana setidaknya kalian bebas membuat konten, menambah file media dan berkreasi lainnya sehingga postingan terlihat menarik.

Lalu kalian tentukan dari sisi bujet atau keuangan kalian. Kenapa bujet juga mesti ada ? Karena pasti diantara kalian yang tidak ingin menggunakan selamanya memiliki blog gratisan hehehe… Jikalau kalian sudah berencana untuk berekspansi lebih jauh itupun. Contoh persiapan bujet untuk membeli sebuah domain, yang gratisan pasti ada bawaannya nama dari platform itu (biasanya sih soalnya mimin belum mencoba semuanya juga hahaha).

Simak dibawah ini beberapa jenis platform pilihan mimin.

1. WordPress.org

Pasti diantara kalian sudah familiar dengan platform ini yang berbau teknis dan menyisihkan sekian bujet untuk blogging, CMS (Content Management System) ini sudah banyak diminati bagi para blogger maupun website. Dari sisi penggunaannya GRATIS, tetapi untuk menjalankannya kalian memerlukan custom domain dan Web Hosting, untuk lebih jelas nya apa itu hosting silahkan klik link berikut.

Dari sisi tingkatan kesulitan untuk CMS ini cukup tinggi juga, kalian butuh waktu lumayan, dan kalian harus mencari refrensi untuk pengoperasian CMS ini. Tapi kalian jangan khawatir, karena di internet sudah banyak yang membahas WordPress basis CMS ini. Mulai dari tips dan trik, dan membahas artikel tentang WordPress ini.

WordPress ini dilengkapi dengan live editor, itu artinya kalian dapat mengedit dan memodifikasi tampilan blog menggunakan berbagai tema gratis maupun berbayar. Pada postingan dan halaman blog, block editor pada WordPress ini menggunakan versi Gutenberg yang dimana menawarkan banyak fitur dan opsi yang kalian untuk dicoba.

Dan juga, CMS ini menyediakan plugin untuk menambahkan fitur dan tool yang kalian butuhkan, semisal SEO, Sistem Securitynya, manajemen blog dan lain-lain. Jika kalian tekun ngeBlog, kalian bisa mendapatkan penghasilan di internet juga lhoo.

2. WordPress.com

Yang sebelumnya WordPress.org, beda lagi dengan WordPress.com adalah situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress. kalian tidak perlu lagi membeli hosting, berlangganan salah satu paketnya, dan membuat domain. Pada WordPress.com kalian bisa langsung menggunakan paket gratisannya yang dimana sudah dilengkapi dengan resource yang cukup dan teermasuk 1 sub-domain.

Cara membuat blog gratis dengan platform ini sangat mudah kok. Manajemen blog juga bisa dilakukan melalui aplikasi WordPress yang tersedia di OS iOS dan Android.

Jika ingin memperoleh penyimpanan yang lebih banyak, mengaktifkan domain sendiri, memaksimalkan blog sebagai sumber penghasilan dan mendapatkan bantuan via email dan chat, paket gratis harus di upgrade ke paket berbayar. Paket personal pembayaran pertahun dan dikenakan biaya sebesar 4USD/bulan. Jika kalian ingin menginstall plugin, paket yg dipilih ialah paket Business dan dikenakan biaya sebesar 25USD/bulan.

3. Medium

Nah, pada platform ini ditujukan khusus hanya ingin menulis saja, tidak mementingkan aspek pembuatan dan desain nya. Kalian dapat menulis berbagai topik yang akan dibaca oleh hampir 100 juta pembaca yang terdaftar.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada penulis, dan penggunaanya juga cukup mudah. Kalian bisa langsung menulis dan mempublikasikan konten tersebut. Pada desainnya yang rapi dan minimalis pasti menarik perhatian para pengunjung untuk membaca konten kalian.

Peluang untuk menjadi halaman pertama mesin pencarian juga cukup tinggi karena Medium memiliki domain authority sebesar 96. Selain itu konten yang kalian tulis juga bisa diuangkan melalui Medium Partner Program. Namun yang kalian mesti pahami, artikel kalian akan melewati Quality Check yang dilakukan oleh tim editorial Medium dulu. Pembayaran untuk artikel kalian didasarkan pada jumlah pembaa dan akan dikirim perbulan.

4. Tumblr

Tumblr adalah platform blogging yang paling poppuler di kalangan anak-anak muda. Dari sisi kontennya interaktif dan sistemnya hampir serupa dengan media sosial. Kalian bisa saling mem Follow blog orang lain. Niche atau Topik yang diulas pun beragam sehingga komunitas dan forum di dalamnya lebih variatif.

Jika kalian ingin membuat blog gratis Tumblr lah salah satunya. Kalian tinggal buat akun dan menggunakan sub-domain(sub alamat website contoh : admin.domain-anda.com) yang telah disediakan, kecuali jika kalian mempunyai domain sendiri. Bagi kalian yang baru menggunakan pertama kali Tumblr, mungkin akan sedikit bingung saat mengoperasikan pada bagian dashboard karena area ini juga berfungsi sebagai feed.

Ada 7 tipe postingan di Tumblr, yaitu ada teks, kutipan (quote), tautan(link), obrolan (chat), file foto, video dan audio. Dan pembaca bisa mengomentari, memberi tanda like, reblog, dan bahkan membagikan postingan. Dan yang istimewa Tumblr, yaitu pengguna bisa menambahkan hashtag ke kontennya.

Platform ini memiliki library yang dimana memuat berbagai koleksi tema yang dapat dipilih dan dikelola. Akan tetapi, ada batasannya seberapa sering perubahan yang bisa dilakukan oleh pengguna atau user.

5. Blogger

Blogger sering dituju oleh hampir semua orang yang ingin mengetahui cara membuat blog pribadi. Hal ini dari sisi kesederhanaannya sistem yang diberikan dan juga tidak adanya keharusan untuk langganan hosting.

Kalian hanya diwajibkan untuk memiliki atau aktif akun Gmail agar bisa menggunakannya platfrom gratis ini. Dan 1 sub-domain juga akan diberikan pada saat pendaftaran dan pembuatan akun.

Dashboard blogger dirancang semudah mungkin agar para pengguna bari bisa beradaptasi langsung dan bisa membuat blog sendiri. Mulai dari menginstall template, nambah widget, mengunggah file media, hinggan memposting artikel. Tapi, ada bagusnya blogger ini sudah terintegrasi denga Google AdSense sehingga kalian bisa memperoleh penghasilan melalui blog. Untuk membagikan konten, gunakan layanan Google+ dan tombol Sharing bawaan. Jika kalian ingin mengetahui performa blog ini, ada salah satu fitur laporan statistik(statistics report) yang menunjukkan datanya.

Demikian ulasan Platform Terbaik untuk Nge-Blog di Internet menurut admin hehee. Jika ada yang kurang paham silahkan langsung saja isi komentarnya.Terima kasih sudah mengunjungi website ini.



Leave a Reply