Persiapan menjelang ibadah puasa 2015

Nah sabahat penjuru media udah pada persiapan apa aja nih buat Puasa 2015 kali ini ? Pasti seru kali yaa kalau kita mulai mempersiapankan beberapa hal agar lebih asik menjalani satu bulan Ramadhan nya . Selain aktivitas rutin, untuk mengisi waktu luang sebagian besar masyarakat muslim apalagi remaja pasti sudah mulai memplanning beberapa kegiatan selama bulan Puasa . Nah berikut adalah beberapa kegiatan yang tidak pernah lupa masuk daftar list selama bulan puasa

1. Ngabuburit + Bukber
buka-bersama
Kegiatan yang satu ini, hampir di gandrungi sebagian besar masyarakat muslim saat bulan puasa, dari pelajar sekolah, mahasiswa hingga orang kantoran pasti menyisakan hari untuk ngabuburit + dan bukber . Dari yang hanya meeting poin janjian di resto/cafe , hingga bukber on the road pun pasti ada .

2. Sahur on the road
saur on the road
Hampir sama dengan poin pertama tadi, bila yang kedua ini lebih condong ke remaja muda yang jiwa adrenalin nya masih berkobar kobar . dini hari berkumpul di suatu tempat dan mulai berteriak2 membangunkan masyarakat untuk sahur . Biasanya bila sudah mendekati waktu sahur mereka akan berhenti di suatu tempat dan mulai sahur bersama . Ada juga yang lebih memilih sahur bersama masyarakat pinggiran yang kurang beruntung .

3. Bermain Petasan
bermain petasan
Meskipun seharusnya petasan tidak di anjurkan untuk di mainkan, akan tetapi terkadang masih banyak warung warung kecil yang menjualnya secara bebas, atau bahkan mungkin seorang personal membuatnya sendiri . Ketika bulan suci ramadhan telah tiba, kebanyakan anak anak seusai shalat tarawih pada sibuk menyalakan petasan di jalan jalan kampung menuju arah pulang . Disisi lain membuat suasana puasa ramadhan jadi lebih hidup sebetulnya, tetapi di sisi lain perlu juga diperhatikan keselamatan dan keamanan anak anak dan pengguna jalan

4. Bagi Takjil
bagi takjil
Momentum bulan puasa juga dijadikan sebagian mahasiswa dan komunitas untuk mengadakan kegiatan sosial . Biasanya ada beberapa kampus yang sengaja membuat kegiatan seperti membagi bagikan takjil entah swadaya pun karena tugas kampus .

5. Berburu Baju Lebaran
berburu baju lebaran
Yang satu ini pasti tidak pernah terlewatkan utamanya ibu ibu yang suka diskon dan anak anak kecil yang masih senang memburu pakaian yang serba baru yang akan di kenakan di hari raya nanti . Biasanya pertengahan bulan puasa, mall mall ternama selalu banjir diskon . Dari mulai logistik hingga pakaian . Dari mulai diskon setengah harga hingga obral obral murah .

6. Tukar Uang Baru
tukar uang baru
Maksudnya disini tukar uang baru adalah biasanya bila menjelang hari raya lebaran, banyak orang di pinggir pinggir jalan yang menjajakan pecahan uang baru . seperti lembaran uang 5000an baru, 10000an baru, 20000an baru, bahkan hingga 50000an baru . Agar ketika hari raya tiba uang tersebut akan dibagikan ke sanak saudara dengan keadaan baru seperti keluar dari bank . meskipun tidak wajib tapi hal tersebut sudah menjadi tradisi sebagian masyarakat kita . Namun sobat perlu hati hati juga, waspada penipuan uang palsu

Sudah baca kan sobat, itu tadi beberapa kegiatan yang kebanyakan masuk list di masyarakat kita versi penjuru media . Semoga bermanfaat .

Marhaban yaa Ramadhan 🙂



Leave a Reply