Perangkat VR Google Laris Manis

MOUNTAIN VIEW – Perangkat virtual Reality (VR) Google yang terbuat dari karton, Cardboard VR ternyata menjadi salah satu favorit di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan terjualnya device ini sebanyak lima juta produk ke seluruh dunia.

Dalam blog resminya, Kepala Google VR Clay Bavor menulis selama 19 bulan sejak perilisannya, sudah lebih dari lima juta barang terkirim ke konsumen. Aplikasinya sendiri telah diunduh sebanyak 25 juta kali di Play Store.

Satu hal yang menjadi selling point dari Cardboard adalah, Google mengizinkan pihak ketiga untuk membuat Cradboard versi mereka. Contoh paling mutakhir adalah Cardboard bertemakan Star Wars, yaitu model R2-D2. Model ini termasuk best-seller.

Di Play Store sendiri, terdapat lebih dari 1.000 aplikasi yang kompatibel dengan Cardboard. Pihak Google mengatakan, sebagian besar dari aplikasi tersebut adalah game. Salah satu aplikasi game paling populer adalah Chair in a Room.

Kepopuleran Cardboard bertambah karena perangkat ini mendukung video 360 derajat. Google mengatakan, video yang ditonton sudah lebih dari 350.000 jam. Di saat yang sama, pengguna juga mengambil foto dengan Cardboard, tercatat 750.000 foto telah diambil.

Cardboard adalah salah satu pemain VR yang mempunyai pertumbuhan paling cepat. Vendor lain, Samsung juga merilis  perangkat VR yang kompatibel dengan smartphone Samsung. Analisis memprediksi di 2020, industri VR akan menghasilkan USD30 miliar. Seperti dilansir Tech Crunch, Kamis (28/1/2016).



Leave a Reply