Pentingnya Kombinasi Warna Untuk Website

Pada kali ini kita akan membahas, pemilihan kombinasi warna yang tepat untuk perancangan website. Dalam perancangan website ini adalah unsur paling penting namun terkadang sering terlewatkan. Akan tetapi, menurut psikolog telah mengungkapkan bahwa setiap orang rentan dengan tingkat subyektif terhadap tampilan warna dan lebih dari 60% penerimaan atau penolakan terhadap sebuah situs website yang terkait dengan fakta ini.

pemilihan warna memiliki kemampuan untuk menghasilkan dampak positif bagi pengunjung dan sebagai hasilnya, membuat pengunjung jadi tinggal lebih lama. Yang dimana kalau ada pengunjung semakin lama mengunjungi situs tersebut maka semakin bisa menarik perhatian untuk mengambil tindakan pada tujuan akhir.

Berikut hal-hal yang di anggap penting dalam menentukan sebuah kombinasi warna yang bisa mempengaruhi pengunjung Anda dengan cara positif.

  • Tentukan Produk / Layanan yang Anda Jual

Jika Anda menjual produk lingkungan  atau sesuatu yang alami dengan tema warna biasanya hijau, maka tidak pantas jika menggunakan warna merah atau kuning. Sebagai gantinya Anda menjual produk sayuran hijau atau senada dengan bumi. Pilihlah warna yang sesuai dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

  • Fokus pada Target Audiens

Jika sudah menentukan warna yang sesuai untuk situs website Anda, Anda juga harus mempertimbangkan kepada siapa target audiens. Warna yang digunakan produk yang fokus pada orang tua misalnya, mungkin tidak sesuai dengan anak muda. Selain itu, penggunaan warna yang sangat mencolok seperti merah, kuning, dan biru. Dapat menyebabkan kelelahan mata dan bisa jadi membuat pengunjung ogah dan meninggalkan situs kita.

  • Warna latar belakang

Selain pemilihan warna sebuah website, kita juga mesti mengatur tampilan warna latar belakang situs website. Anda juga perlu memperhatikan keselarasan antara latar belakang dan halaman depan.

  • Jadikan Teks Anda Hitam

Selanjutnya buat teks tulisan situs website kita menjadi hitam, kenapa ? Karena orang-orang terbiasa membaca teks berwarna hitam. Penggunaan teks ini juga sesuai selera kalian untuk menyesuaikan warna teks dengan latar depan website Anda. Biar pengunjung tetap nyaman saat membacanya.

  • Warna harus relatif terhadap produk yang disorot

Seperti pada pembahasan sebelumnya, sangat penting untuk menghubungkan produk / layanan Anda dengan warna yang relevan dengan perusahaan Anda.

  1. Merah menarik dan kuat dan akan berjalan dengan baik untuk situs web yang berfokus pada produk yang ditujukan untuk anak-anak dan juga untuk mendorong pengunjung melakukan tindakan.
  2. Orange digunakan di situs web yang mempromosikan produk makanan. Hal ini dikenal untuk mempromosikan pemikiran positif dan meningkatkan kreativitas. Warnanya juga menarik bagi generasi muda. Banyak perusahaan teknis menggunakan Orange.
  3. Kuning menandakan keceriaan dan kreativitas. Ini menarik bagi anak-anak dan digunakan di situs yang mempromosikan produk hiburan. Kuning, bagaimanapun, dapat cenderung menyiksa mata dan harus digunakan sebagai warna aksen dalam banyak kasus.
  4. Hijau menyenangkan mata manusia dan sangat cocok untuk situs wisata dan situs yang berhubungan dengan alam. Hijau melambangkan kemakmuran dan kekayaan. Hijau juga memberi kepercayaan dan merupakan salah satu warna paling trendi / korporat.
  5. Biru adalah warna konservatif dengan nilai kepercayaan yang sangat tinggi dan diketahui bisa mengendurkan sistem saraf. Sangat cocok untuk situs yang menawarkan produk berteknologi tinggi dan juga untuk produk diet. Banyak orang keliru menggunakan warna biru untuk teks. Ini harus dihindari karena bukan warna standar untuk dibaca manusia.
  6. Hitam berguna untuk situs yang berhubungan dengan fotografi dan seni.
  7. Ungu digunakan di situs keagamaan dan tempat liburan.
  • Jangan Membuat Website Anda Menjadi Pelangi

Nah yang terakhir, ini jangan dilakukan oleh kalian semua dan untuk kita juga pastinya. Godaan bagi pemula yang baru memulai membuat desain website adalah menggunakan banyak warna. Website yang paling berdampak adlaah yang menjaga penggunaan warna yang dimana seminimal mungkin. Sebagai aturan, sebaiknya website Anda menggunakan maksimal 2-3 warna. Sederhana tapi menarik perhatian audien atau pengunjung.

sumber: blog idwebshost



Leave a Reply