Penjelasan dan Fungsi dari Widget Wordpress

Penjelasan dan Fungsi dari Widget WordPress

Jika diantara kalian belum tahu apa itu widget pada wordpress ?  Disini kita akan membahas sedikit tentang widget. Simak penjelasan dan fungsi dari widget wordpress.

Secara umum, Pengertian dari sidebar adalah merujuk pada area kalian menempatkan widget. Karena itulah sidebar terkadang disebut dengan nama lain yaitu widget ready area.

Salah satu fungsi dari sidebar ialah sebagai pelengkap konten (isi) utama yang ditampilkan di bagian tengah blog. Jadi, sidebar tidak benar wajib di kostum atau di edit. Namun, jika kalian ingin menambahkan informasi di halaman, penyesuaian ini cukup membantu.

Oiyaa teman, pengertian sidebar ini berlaku untuk semua platform website, termasuk salah satunya wordpress. Contoh side

Perlu diingat juga bahwa pengertian sidebar berlaku untuk semua platform website, termasuk WordPress. Lihat kotak merah yang ditampilkan pada screenshot di bawah ini:

Kalian bisa meletakkan apapun itu, selama ada widget. Tapi, sebenarnya sidebar tidak harus berada di samping. Sidebar boleh diletakkan di dekat footer atau di area widget manapun pada situs kalian.Note : Jangan sembarang memasukkan konten ke sidebar. Tambahkan konten atau info yang dirasa mampu meningkatkan nilai website kalian. Jika tidak, UX(user experience) website bisa menjadi taruhannya.

Fungsi sidebar pada wordpress

Setelah mengetahui penjelasan apa itu sidebar, sekarang kita akan bahas fungsinya. Jika kalian pengguna awal wordpress. Posisi pada settingan sidebar ini ada di Appearance -> Widget. Lalu drag and drop widget yang kalian ingin pilih.

Jika kalian ingin lebih banyak area pada sidebar ini, silahkan gunakan salah satu plugin Custom Sidebars. Plugin ini memungkinkan kalian bisa mengedit sidebar tanpa menambahkan code atau ngoding.

Setelah kalian menambahkan widget, berikut rekomendasi dari kita untuk penambahan pada widget. Simak dibawah ini :

  1. Bacaan
    Jangan biarkan pengunjung pergi begitu saja. Coba tarik perhatian dengan postingan populer yang masih terkait dengan artikel yang baru saja mereka baca. Tidak hanya menambah trafik, trik ini juga akan meningkatkan performa SEO Anda. Semakin lama pengunjung berada di situs Anda, semakin tinggi pula peringkat website di mesin pencari atau browser.
  2. Email berlangganan atau Sucribe Email
    Jika pengunjung menyukai konten Anda, ada kemungkinan mereka akan mencari tahu lebih jauh tentang website Anda. Cobalah untuk menambahkan email berlangganan di sidebar. Pengunjung pun bisa berlangganan untuk mendapatkan informasi atau artikel terbaru.
    Rekomendasi pluginOptinMonsterMailChimp
  3. Fitur Media Sosial
    Postingan yang bagus akan membuat pengunjung tertarik untuk membagikannya. Tambahkan fitur social media sharing di sidebar agar pengunjung bisa membagikan konten Anda. Jika memiliki kanal media sosial, Anda juga bisa menambahkan widget agar pengunjung bisa mengunjungi media sosial Anda.
    Rekomendasi plugin: Simple Social IconsEasy Social Share
  4. Reputasi Website
    Jangan malu untuk menunjukkan reputasi Anda. Entah itu statistik berlangganan maupun testimonial, Anda boleh menunjukkan semuanya. Menampilkan reputasi website di sidebar mampu membangun kepercayaan, terutama bagi pengunjung baru.
    Rekomendasi pluginSocial Count PlusTestimonials WidgetsTombol berbagi di media sosialReputasi website untuk membuktikan popularitas artikel
    5. Sticky SidebarMisalnya Anda memiliki postingan yang cukup panjang. Selagi pengunjung membaca dan men-scroll postingan tersebut, sidebar tetap berada di tempatnya. Nah, sticky sidebar adalah fitur yang membuat sidebar tetap berada di tempatnya sembari pengunjung membaca konten Anda. Lihat rekomendasi kami di bawah ini untuk membuat sticky widget.

Demikian pembahasan tentang widget pada wordpress. terima kasih sudah mengunjungi website kami. Jika ada pertanyaan silahkan isi pada kolom komentar.

source : hostinger



Leave a Reply