Pengenalan Struktur Database atau Basis Data Wordpress

Sebelumnya bahas dulu apa itu database? Menurut pak Jogiyanto pengertian database adalah kumpulan informasi dan data yang saling berhubungan satu sama lain, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer dan diperlukan software tertentu untuk memanipulasinya. Penjelasan ini di kutip dari Maxmanroe.

Struktur database wordpress terakhir di update pada versi wordpress 4.4, database yang mendukung wordpress ialah MySQL versi paling rendah 5.0.15 atau MariaDB versi apapun.

Diagram Database

Dibawah ini adalah gambaran dari database wordpress  dan hubungan antara tabel yang di buat langsung pada saat proses instalasi.

Harap dicatat bahwa dalam proses intallasi wordpress, tidak ada integrasi antara tabel yang diterapkan misalnya antara postingan dan komentar. Jika Anda membuat plugin atau ekstensi yang memanipulasi database wordpress, Anda harus melakukan houseKeeping sehingga tidak ada catatan yang tersisa di tabel misalnya dengan menghapus catatan di tabel lain dengan perintah SQL ketika kunci utamanya dihapus(jangan lupa sebelumnya untuk di backup terlebih dulu).

Inilah struktur tabel  dari database wordpress. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. wp_commentmeta

Tabel data ini terdiri informasi meta tentang komentar yang muncul di WordPress. Dan tabel ini menampung setting dari tabel Comment. Informasi commentmeta ini terdiri dari 4 baris yaitu meta_id, comment_id, meta_key, and meta_value.

Salah satu contoh informasi meta komentar adalah status komentar seperti disetujui, pending, dan trash. Untuk struktur data bisa di lihat dibawah ini.

2. wp_comments

Seperti namanya, table data ini menampung comment pada setiap posts (comment_post_ID). Ini terdiri dari nama yang berkomentar, URL, email, dan teks komentar. Untuk struktur datanya bisa di lihat di bawah ini.

3. wp_links

Wp_links menyimpan informasi terkait tautan yang masuk dalam fitur Links. Contohnya adalah:

Admin > Links > Tambah Baru
Admin > Links > Links

Untuk isi dari tabel wp_links bisa di lihat dibawah ini.

4.wp_options

Wp_options berkaitan dengan menyimpan setting-setting mengenai situs yang dijalankan. Tabel data ini terdiri dari General, Writing, Reading, Discussion, Privacy, Permalinks, dan Widget. Selain itu, tabel data ini digunakan juga untuk menyimpan penyetelan plugin. Untuk strukturnya bisa dilihat dibawah ini.

5. wp_postmeta

Wp_postmeta berkaitan dengan informasi meta tentang posting, page, dan tipe kustom posting. Salah satu contohnya adalah template untuk membuat posting atau page. Dan tabel ini akan menyimpan setting dari tabel posts.

Beberapa plugin menggunakan wp_post meta untuk menyimpan data plugin. Contohnya adalah informasi SEO pada plugin SEO seperti All in One SEO Pack dan SEO by Yoast. Untuk struktur dari tabel ini bisa dilihat di bawah ini.

6. wp_posts

Tabel data ini berkaitan dengan konten WordPress. Tabel ini akan menyimpan seluruh content halaman yang Anda buat. Untuk struktur nya bisa di lihat di bawah ini.

7. wp_termmeta

Untuk yang satu ini admin sudah cari refrensi belum ketemu, kalau sudah ketemu di infokan langsung. untuk struktur nya kurang lebih seperti ini.

8. wp_terms

WordPress memiliki sistem taksonomi yang memungkinkan Anda untuk mengorganisasi konten Anda. Item-item yang ada dalam taksonomi ini disebut terms dan disimpan dalam wp_terms.

Contohnya, kategori dan tag posting adalah taksonomi. Nama-nama yang ada dalam kategori dan tag adalah term.

9. wp_term_relationship

Tabel data ini berfungsi mengelola keterkaitan tipe postingan dan term. Dengan kata lain, table data ini membantu WordPress menentukan postingan X dalam kategori Y. tabel ini juga menghubungkan posts (dengan object id) dengan term_taxonomy. Untuk struktur tabelnya bisa dilihat di bawah ini.

10. wp_term_taxonomy

Tabel data ini mendefinisikan taksonomi dalam wp_terms. Sebagai contoh, jika Anda memiliki term Tutorial WordPress, maka tabel data ini terdiri data yang terkait dengan taksonomi kategori.

Pendeknya, wp_term_taxonomy membantu WordPress membedakan apakah term tersebut kategori atau tag dan juga berisi setting tambahan termasuk jumlah posting. Untuk strukturnya bisa dilihat dibawah ini.

11. wp_usermeta

Table data ini beisi informasi meta Users dalam blog WordPress. User di sini antara lain admin, kontributor, dan sebagainya. Demikian juga, tabel ini akan menyimpan setting atau fitur dari user yang bersangkutan.

Untuk strukturnyab isa dilihat dibawah ini.

12. wp_users

Tabel ini akan menyimpan data user-user penggunaan CMS. Untuk strukturnya bisa dilihat dibawah ini.

Demikian penjelasan struktur database wordpress. Jika masih ada kekurangan silahkan tinggalkan di komentar. Untuk Anda yang ingin menggunakan jasa maintenance website dan sosial media bisa langsung di hubungi ke nomor 08566644412 a/n Fajar alif. Terima kasih:)



Leave a Reply