Mengatasi 403 Forbidden Pada Website

Kali ini ada case pada salah satu website klien kami, yang dimana website itu tidak bisa di akses untuk publik dan hanya menampilkan gambar seperti dibawah ini.

Sebelumnya kami bahas dahulu penyebab 403 forbidden? error 403 forbidden karena Anda mecoba mengakses halaman atau website di mana Anda tidak memiliki hak akses atau permission untuk mengaksesnya. Pesan error 403 forbidden merupakan salah satu cara website Anda yang menyatakan bahwa Anda tidak memiliki cukup permission untuk mengakses sesuatu lebih jauh.

Umumnya, error ini terjadi karena:

  • Permission file atau folder yang salah.
  • Pengaturan pada file .htaccess yang salah.

Sebelumnya Anda mesti memiliki akses untuk masuk ke akun hosting Anda atau bisa dengan menggunakan FTP atau Putty, tetapi disini kami menggunakan akses langsung ke hostingnya. Dan jangan lupa kalau Anda merubah atau mengedit file diharap untuk di backup dulu.

Nah, untuk case yang saat ini kami alami ternyata ada error pada hak akses file alias file permissions yang dimana pada permissions file .htaccess website salah satu klien kami ada yang kurang pada settingan permissionsnya. Bisa dilihat gambar dibawah ini.

Disana terlihat tidak ada akses untuk membaca ke group maupun publik, untuk lebih memahami hak akses file tersebut silahkan klik link ini. sebelumnya sudah kami bahas terdahulu, oke lanjut pada masalah ini.

Pada bagian group dan world disana tidak tercentang dan permissions value nya 600 yang dimana hanya untuk owner saja. Tetapi disini kita mesti edit menjadi 644, kenapa? Karena untuk membagi akses ke publik dan group terntentu.

Step 1 klik kanan pada file .htaccess dan pilih change permissions. Seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah silahkan change permissions dan nanti akan tergantikan yang dari 600 menjadi 644. Dan setelah itu check website Anda dan jika sudah menampilkan konten berarti benar masalahnya ada pada file permissionnya. Jika masih error? oke disini kami akan menambahkan pembahasannya.

Seperti pada umunya error 403 forbidden ini bisa di karenakan settingan file .htaccess nya salah, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  • masuk ke menu public_html dan cari .htaccess
  • Jika Anda tidak dapat menemukan file .htacess apa pun, klik Settings dan aktifkan opsi Show Hidden Files (dotfiles).

  • Jika sudah di rename menjadi .htaccess-orig atau apapun itu bebas
  • Lalu membuat file .htaccess yang baru, sesudah itu di edit dan tambahkan didalamnya script htaccess dari wordpress secara default nya. Lihat gambar dibawah untuk contohnya

  • Jika sudah maka silahkan di save file tersebut dan check kembali website Anda.

InsyaAllah yang tutorial diatas work 100%, jika ada pertanyaan lainnya silahkan hubungi kami. Untuk Anda berminat menggunakan jasa maintenance dan sosial media silahkan kontak ke 08566644412 a/n Fajar Alif. Terima kasih 🙂



Leave a Reply