Memperbaiki Fatal error :Maximum Execution Time Exceeded in WordPress

Bagi pengguna wordpress mungkin pernah mengalami ketika update atau ketika upload sesuatu, lalu muncul pemberitahuan “Fatal error :Maximum Execution Time Exceeded in WordPress”Mungkin itu membuat kita suka kesal juga, oke langsung saja ke tahap penjelasannya dahulu sebelum mengeksekusi masalah tersebut, simak dibawah ini.

APA MAXIMUM EXECUTION TIME EXCEEDED ERROR?

Maximum Execution Time Exceeded Error kadang-kadang terjadi ketika Anda sedang mengupdate atau memperbarui tema, menginstal plugin, download aplikasi atau beberapa operasi lain di situs Anda. Penyebab utama dari masalah ini adalah bahwa waktu eksekusi melebihi nilai default.

Secara default, waktu eksekusi maksimum sistem PHP adalah 30 detik. Jika script PHP membutuhkan waktu yang melebihi waktu tersebut, maka menghasilkan error waktu eksekusi maksimum. Dengan demikian, jika Anda mengalami masalah tersebut tentu solusinya adalah dengan menambah batas waktu eksekusi.

MEMPERBAIKI MAXIMUM EXECUTION TIME EXCEEDED 

Metode yang disukai untuk memperbaiki kesalahan fatal ini adalah dengan mengubah nilai waktu maksimum eksekusi secara manual. Ada tiga file yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini, yaitu file .htaccess, file wp-config.php dan file php.ini.

.htaccess

Buka file .htaccess dengan menggunakan FTP client. Di sini, kita akan lakukan langkah-langkah berikut melalui cPanel, yang merupakan panel kontrol yang paling kuat untuk manajemen website. Masuk ke cPanel dengan akun Anda dan kemudian masuk ke File» File Manager.

Cari file .htaccess dari daftar file dan klik kanan » edit. Jika file editor sudah membuka .htaccess maka Anda harus menambahkan kode berikut.

php_value max_execution_time 120

Anda diijinkan untuk memodifikasi nilai-nilai yang Anda inginkan. Contoh seperti code di atas yang berarti Anda telah meningkatkan waktu eksekusi maksimum menjadi 120 detik. Selanjutnya silahkan simpan dan coba apakah fatal error Maximum Execution Time Exceeded masih muncul.

wp-config.php

File wp-config.php adalah salah satu file yang paling penting dalam WordPress yang berisikan berbagai konfigurasi untuk membuat website Anda lebih fungsional. Dalam masalah Maximum Execution Time Exceeded Error, file ini juga dapat bertindak sebagai solusi untuk Anda. Untuk mencari file wp-config sama dengan saat Anda mencari file .htaccess, Anda perlu masuk ke File » File Manager dan buka file wp-config.php dalam editor. Dan kemudian, tambahkan kode berikut ke editor dan klik “Save” untuk mengkonfirmasi perubahan.

set_time_limit (60);

Perhatikan bahwa, jumlah “60” berarti Anda telah mengatur waktu eksekusi maksimum 60 detik, yang dapat Anda ubah sesuai kebutuhan.

php.ini

Membuka file php.ini atau Anda juga dapat membuat file baru melalui cPanel » File» File Manager» New file. Dan kemudian, tambahkan kode berikut ke file php.ini dan mengubah nilai-nilai sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Jika sudah silahkan simpan file php.ini, berikut code yang dapat Anda masukkan.

max_execution_time = 120;

source: centerclik.com



Leave a Reply