Lebih Bagus Canon 600D Baru atau 700D Bekas?

Apa lebih bagus kamera bekas tapi generasinya baru, atau yang baru tapi generasinya lebih lama?

Jawaban:

Secara teknis yang pasti kamera generasi baru seperti 700D lebih bagus dari 600D. Misalnya layarnya 700D sudah touchscreen, sistem autofokus-nya lebih bagus, dan kinerja lebih cepat.

Sebelum membeli kamera bekas, tentunya kita perlu memperhatikan sejarah kamera tersebut misalnya siapa yang menjualnya? Kameranya dipakai untuk apa? Jika digunakan untuk kerja atau jenis fotografi dokumentasi, satwa liar, olahraga, kemungkinan pemakaian cukup tinggi.

Tanyakan kameranya sudah digunakan berapa kali jepretan? Untuk kamera DSLR Canon biasanya kita bisa memeriksa shutter count dengan upload foto ke situs camera shutter count atau mengunakan software EOS Info (khusus Canon) tapi kalau mirrorless sepertinya tidak bisa.

Untuk kamera pemula biasanya ada garansi daya tahan mekanisme shutter sekitar 50rb kali, kamera yang lebih canggih bisa 100 rb dan untuk kamera profesional 150-200k atau lebih.

Boleh ditanyakan juga apakah ada kerusakan seperti bekas jatuh, tercelup ke dalam air, apakah fungsi-fungsi kamera dan tombol semuanya dalam kondisi bagus?

Terakhir, periksa apakah ada jaminan jika setelah dibeli ternyata rusak? Bentuknya seperti apa dan berapa panjang garansinya? Jika sudah berakhir, distributor kameranya resmi atau tidak. Setahu saya, jika kameranya selundupan, beberapa merk kamera tidak berkenan melayani jika kita perlu pelayanan (servis) kedepannya.

Setelah diperiksa semua, jika memang tidak ada masalah tentang kameranya, sebaiknya memang membeli kamera bekas tapi generasinya baru (700D), tapi jika kita khawatir kamera bekas cepat rusak, dan tidak mau repot dan merasa kamera baru tapi keluaran lama cukup bagus, bisa pilih beli kamera baru meskipun sudah beberapa tahun di pasaran (600D).

source: detik.com



Leave a Reply