Inilah Harga Samsung Galaxy S10 Plus, Ternyata Rp.6JT

Galaxy S10 Plus menjadi varian paling premium di antara lini Galaxy S10 lainnya. Banyak fitur unggulan yang terpasang, salah satunya modul kamera ganda di depan, selain triple-camera yang tersemat di belakang. Tak pelak, harga yang dibanderol pun lebih tinggi dibanding yang lain.

Di Indonesia sendiri, harga Samsung Galaxy S10 Plus model RAM 8 GB dan memori 512 GB dibanderol Rp 18,5 juta. Untuk varian RAM 12 GB serta ROM 1 TB, harganya mencapai Rp 24 jutaan.

Namun, setelah flagship ini dibongkar oleh Tech Insight, harga asli komponen dalam Galaxy S10 Plus totalnya adalah 420 dollar AS atau Rp 6 jutaan saja. Tech Insight mengestimasi bahwa harga hardware ini berkontribusi 42 persen pada harga penjualan di pasar.

Harga ini bahkan lebih murah dibanding harga Samsung Galaxy S9 saat diluncurkan tahun lalu yang dibanderol Rp 11,5 jutaan. Tapi perlu diketahui, bahwa harga yang dikemukakan ini hanyalah ongkos komponen utama yang terpasang di dalam Galaxy S10 Plus.

Baca juga : Samsung S10 Plus Mendapat Gelar Kamera Selfie Terbaik

Kalkulasi yang dilakukan tidak mencakup biaya riset dan pengembangan (R&D), marketing dan komponen hal-hal kecil lainnya yang juga membutuhkan biaya besar. Dari beberapa komponen yang ditaksir, harga layar super AMOLED menjadi komponen paling mahal.

Harga layar Galaxy S10 Plus yang berbentang 6,4 inci berbanderol 86,5 dollar AS atau Rp 1,2 jutaan. Komponen termahal kedua jatuh kepada chipset Exynos yang mencapai 70,5 dollar AS atau Rp 995.000. Tech Insight mengaku belum menaksir banderol chipset Qualcomm Snapdragon yang dipasarkan ke wilayah Amerika Serikat.

Gabungan harga layar dan chipset ini hampir sama dengan Galaxy S9 Plus. Akan tetapi, harga layar Galaxy S10 Plus adalah 9 dollar AS (Rp 127.000) lebih mahal, karena ukuran layar yang lebih besar dan rumit dengan adanya lubang kamera yang tertanam di layar, serta sensor pemindai sidik jari yang terbenam di dalamnya.

Namun chipset Exynos 9820 (juga tertanam di varian Galaxy S10), lebih murah 10 dollar AS (Rp 141.500) karena harga chip yang merosot. Di sektor memori, harga RAM dan ROM masih sama dengan tahun lalu, yakni 50,5 dollar AS (Rp 712.000).

Namun konfigurasi RAM dan memori di Galaxy S10 Plus lebih besar dibandingkan Galaxy S9 Plus tahun lalu, yang model terendahnya berkonfigurasi 6 GB/64 GB.

kalkulasi harga komponen yang ada di S10 Plus(kompasTekno)

Sementara itu, total lima kamera yang terpasang harganya mencapai 56,5 dollar AS atau sekitar Rp 798.000.

Mereka juga menaksir komponen lain, seperti sensor, baterai dan sebagainya. Masing-masing harga bisa dilihat dalam diagram di atas.

source : kompas.com



Leave a Reply