Huawei Mate 20 X Resmi Rilis, Ponsel Gaming Layar 7inci

Selain meluncurkan smartphone flagship Mate 20 dan Mate 2 Pro, Huawei juga merilis ponsel gaming Mate 20 X dalam gelaran besar yang dihelat di London, Selasa (16/10/2018) waktu setempat. Berbeda dengan dua flagship lainnya, Huawei Mate 20 X dirancang untuk memberikan kenyamanan pada pengguna dalam bermain game.

Salah satu fitur unggulannya adalah sistem pendingin Vapor Chamber yang dipadukan dengan teknologi graphene film cooling. Huawei Mate 20 X juga memiliki ukuran layar lebih besar dari dua seri lainnya. Ponsel ini mengusung layar seluas 7,2 inci dengan materi OLED.

Ukuran layar ini membuat Mate 20 X menjadi ponsel terbesar yang dimiliki Huawei. Jika dilihat sepintas, ponsel ini terlihat seukuran dengan layar yang Nintendo Switch. Sebagai ponsel gaming, Huawei pun menyediakan aksesoris berupa joystick yang dapat dipasang pada bagian sisi kiri ponsel, serta stylus.

Huawei Mate 20 X, ponsel gaming dari Huawei

Spesifikasi Huawei Mate 20 X

Secara garis besar, spesifikasi lain dari Huawei Mate 20 X mirip dengan Huawei Mate 20 Pro. Ponsel ini ditenagai oleh chip Kirin 980 yang memiliki arsitektur 7 nm. Mate 20 X juga berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Huawei Mate 20 X hanya memiliki satu pilihan kombinasi RAM dan penyimpanan internal, yakni 6 GB/128 GB.

Pada sektor kamera, ponsel ini juga mengusung tiga kamera belakang yang disusun dalam bentuk kotak di bagian tengah ponsel.

Resolusinya sama, yakni:

– 40 megapiksel lensa wide angle f/1.8

– 20 megapiksel lensa ultra wide angle f/2.2

– 8 megapiksel lensa telephoto 3x f/2.4.

Sistem pengamannya pun serupa Mate 20 Pro, yakni sensor sidik jari yang disematkan di layar ponsel. Perbedaannya, sebagai penunjang aktivitas gaming, Huawei Mate 20 X dibekali baterai berkapasitas lebih besar, yakni 5.000 mAh.

Selain itu, perbedaan lain terletak pada pada bentuk poni yang lebih kecil dari Mate 20 Pro. Bentuk poni Mate 20 X serupa dengan Mate 20 reguler yang menyerupai tetesan air (waterdrop).

Di Eropa, Huawei Mate 20 X dibanderol dengan harga 899 euro atau setara Rp 15,8 juta. Ponsel ini akan mulai didistribusikan di Benua Biru mulai 26 Oktober mendatang. Tak disebutkan dengan jelas kapan ponsel ini akan dirilis di luar Eropa, termasuk Indonesia.



Leave a Reply