Cara Sederhana Membuat Website Perusahaan Bagi Pemula

Kemajuan teknologi internet telah mengubah cara berbisnis perusahaan. Jika dulu bergantung pada cara konvensional, sekarang sudah merambah ke dunia online.

Tak heran, banyak perusahaan besar yang membuat website perusahaannya. Selain untuk branding dan mempromosikan produk atau jasanya, website tersebut berguna pula untuk berinteraksi dengan klien dan mendapatkan klien baru.

Tentu saja, tidak hanya perusahaan besar yang dapat membuat website. Anda yang memiliki usaha kecil atau menengah pun bisa membuat website.

Bagaimana caranya? Tidaklah rumit dan tidak harus juga merekrut jasa pembuatan website. Yang perlu Anda lakukan untuk membuat website perusahaan Anda adalah 7 langkah berikut.

1. Pilih Content Management System

Content management system (CMS) adalah perangkat lunak untuk menambahkan atau mengubah konten suatu website. Perangkat ini sangat membantu bagi mereka yang tidak memahami HyperText Markup Language (HTML) dalam mengelola websitenya.

Saat ini ada banyak CMS yang bisa Anda gunakan. Di antaranya adalah:

  • WordPress
  • Blogspot
  • Wix
  • Joomla
  • Drupal

Dari CMS di atas, saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan WordPress. Selain memiliki fitur-fitur yang lengkap, WordPress juga mudah digunakan (ramah pemula). Bahkan, banyak perusahaan besar seperti Sony Music, TechCrunch, Xerox, dan BBC Amerika menggunakan WordPress.

Sekadar informasi, WordPress terdiri dari dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Yang perlu Anda pilih adalah WordPress.org karena nantinya website Anda lebih profesional.

2. Tentukan Nama Domain

Langkah berikutnya adalah menentukan nama domain atau alamat website Anda. Ekstensi yang paling banyak digunakan website perusahaan Indonesia adalah .com, .co.id, dan .id.

Apa pun ekstensi domain yang Anda pilih, yang jelas nama domain Anda mestilah nama perusahaan Anda.

Sebagai contoh, perusahaan kita adalah PT Penjuru Media dan Anda memilih ekstensi .co.id. Maka, nama domainnya bisa ptpenjurumedia.co.id atau penjurumedia.co.id(tergantung menurut Anda yang sesuai).

3. Pilih Hosting

Hosting adalah tempat untuk menampung data dan berkas website Anda sehingga bisa diakses. Bentuk fisik hosting disebut server yaitu sistem komputer yang memiliki hard disk, RAM, prosesor, dan sebagainya.

Anda bisa membeli server sendiri. Namun, hal ini memerlukan anggaran yang tidak murah dan pengelolaan yang tidak mudah.

Kabar baiknya, Anda bisa menyewa server untuk website Anda di penjuruhost. Dengan demikian, Anda bisa menekan biaya dan tidak repot dalam mengelola hosting.

Jika Anda memilih penyedia hosting dalam negeri, Anda bisa menggunakan Penjuruhost. Salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia ini menawarkan sejumlah paket hosting, domain gratis, SLL (https) gratis, dan lainnya.

Tak hanya itu, Penjuruhost juga menawarkan bandwith unlimited, uptime 99,999%, dan garansi uang kembali dalam 30 hari tanpa syarat.

Penawaran-penawaran tersebut dapat membantu Anda mendapatkan hosting murah dengan kinerja yang tidak murahan.

4. Set Up Website

Langkah selanjutnya adalah set up website di penyedia hosting yang Anda pilih. Set up di sini adalah menginstal WordPress dengan perangkat lunak yang memang tersedia di penyedia hosting tersebut.

Jika Anda memilih Penjuruhost, Anda bisa mendapat panduan set up website yang akan memandu Anda tahap demi tahap. Tidak perlu bingung lagi, bukan?

5. Desain Website Anda

Pada tahap ini, website Anda sudah live. Namun, tampilannya masih berupa tampilan bawaan WordPress.

Yang perlu Anda lakukan adalah mendesain tampilan tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke website Anda dengan menggunakan username dan password yang Anda buat di langkah ke-4
  • Pilih menu Appearance
  • Pilih Themes
  • Klik tombol Add New
  • Pilih theme yang menurut Anda cocok

Oh ya, theme adalah template atau desain tampilan suatu website. Untuk memulai, Anda bisa memilih theme gratis yang tersedia.

Theme gratis ini dapat Anda ganti kapan saja dengan theme premium (harganya $20 ke atas) atau custom theme yang Anda pesan di suatu jasa pembuatan theme WordPress. Kami menyediakan theme premium jika Anda membeli domain dan hosting di Penjuruhost.

6. Buat Halaman Informasi Perusahaan

Langkah berikutnya adalah membuat halaman informasi dan memublikasikannya di website Anda. Langkah ini akan semakin mudah jika Anda sudah memiliki profil perusahaan.

Anda tinggal copy dan paste di halaman yang dibuat. Lalu memasukkan gambar perusahaan dan personel. Simpel, bukan?

Kami menyediakan jasa untuk membuat profile company, jika Anda berminat silahkan hubungi 0822-7766-6566(Fajar Alif).

7. Buat Artikel Seputar Produk Atau Jasa Anda

Setelah keenam tahap di atas selesai, kini saatnya Anda menulis artikel seputar produk atau jasa Anda untuk dipublikasikan di website Anda.

Artikel-artikel tersebut akan membantu Anda mengedukasi klien dan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, misalnya Google.

Sebagai contoh, perusahaan Anda adalah konsultan pemasaran digital. Artikel yang bisa Anda tulis antara lain:

  • pengertian dasar pemasaran digital
  • jenis-jenis pemasaran digital
  • manfaat pemasaran digital
  • trend pemasaran digital
  • cara menggunakan Facebook untuk meningkatkan penghasilan

Contoh lain, jika perusahaan Anda adalah produsen jaket , maka Anda bisa menulis seputar jaket . Seperti cara memilih jaket yang baik, cara merawat jaket , cara mengetahui jaket yang KW, dan seterusnya.

Penutup

Itulah 7 langkah yang perlu Anda lakukan dalam membuat website perusahaan. Semoga membantu Anda yang ingin membuat website perusahaan tanpa merekrut jasa pembuatan website. Untuk Anda yang berminat membuat website silahkan untuk menghubungi kami segera. Terima kasih



Leave a Reply