Cara Merawat Website Bagi Pemula

Sebuah website pada umumnya seperti rumah sobat. Perawatan website sangat wajib untuk jangka panjang penggunaan website tersebut. Merawat sebuah website itu sebenarnya simpel dan mudah apabila dilakukan dengan rutin, maka website sobat akan terjaga dengan aman dan tentunya performanya juga akan tetap bagus.

Banyak pemula yang tidak tau mengenai perawatan sebuah website. Kemungkinan masih belum mengarah kesitu, karena biasanya seorang yang baru mengetahui dunia website masih awan tentang keamanan website.

Website bisa diartikan sebuah perantara untuk membantu seorang dalam memasarkan produknya, artikelnya, maupun mengenalkan perusahaannya ke semua orang yang ada di internet.

Penyedia publikasi website yang populer yaitu wordpress.com dan blogger.com. Kedua belah pihak ini sudah banyak yang menggunakannya, baik anak-anak sampai orang tua pun menggunakannya, baik untuk mencari uang dari adsense, maupun untuk berjualan produk mereka.

Perbedaan WordPress dengan Blogger :

Di bawah ini WordPress :
  1. Bisa digunakan untuk penjualan, company profiles, dan personal.
  2. Dapat digunakan dan di custom sendiri dengan sangat leluasa.
  3. Banyak pilihan template website yang sesuai dengan konsep sobat.
  4. Lebih Mandiri, dan mempunyai tampilan yang lebih enak dipandang.
  5. Harus mempunyai server sendiri untuk tempat wordpressnya, biasanya disebut hosting.
  6. Setidaknya mengerti dasar-dasar wordpress terlebih dahulu, karena akan sulit untuk pengguna baru.
Di bawah ini Blogger :
  1. Lebih spesifik untuk aktivitas blogger, berbagi informasi, dan untuk personal website.
  2. Banyak pilihan template yang gratis dan juga responsive.
  3. Artikel Mudah terindex di google, karena blogger itu sendiri di bawah naungan google.
  4. Tampilan panel adminya kurang nyaman dipandang.
  5. Kita tidak memerlukan server lagi, karena kita bisa langsung membangun website dengan gratis.
  6. Tidak sulit untuk pengguna baru yang ingin menulis diary kesehariannya, ataupun untuk blogging.

Nah, sebuah website itu ibarat rumah, jika tidak dirawat atau dijaga maka akan rusak atau bakal banyak masalah yang akan timbul nantinya. Maka dari itu ane kaji beberapa cara merawat sebuah website dengan benar dan tentunya tidak sulit.

Kali ini kita mau sharing tentang merawat website di wordpress. Mengapa wordpress? Karena wordpress butuh perawatan yang extra dibanding dengan blogger. Karena blogger sudah dipastikan aman, karena file file website berada di servernya google. Nah, sebenarnya wordpress juga ada yang versi gratis yaitu wordpress.com.

Namun yang saya bahas untuk kali ini yaitu wordpress yang custom sendiri. atau yang di install mandiri di hosting. Jika Anda ingin menggunakan Hosting dari kami silahkan kunjungi penjuruhost web hosting terpercaya dan dijamin Anda puas. Berikut cara merawat website, silahkan simak dibawah ini.

Cara Merawat Website Untuk Pemula :

  1. Pertama dengan cara menginstall plugin wordfence, jika sudah maka sobat bisa lakukan scaning untuk mengecek performa dan malware yang ada pada website sobat.
  2. Lakukan pembersihan cache setiap minggunya, kenapa setiap minggu? Kalau terlalu lama, file cache bisa saja rusak, crashed dan juga ukuran file cache bisa membengkak. Maka dari itu lakukan secara rutin ya sob. Jangan lupa.
  3. Selalu update plugin dan template yang sobat install, namun sebelum sobat melakukan update plugin dan template, carilah informasi tentang plugin/ template versi baru tersebut apakah bermasalah ataukah tidak. Kalau tidak ada informasi yang negatif, langsung saja update.
  4. Jangan menginstall plugin nulled, karena seseoarang bisa menyisipkan shell backdoor yang dapat merusak file website sobat, mending kalau rusak sob, sadisnya dihapus semua file sobat. Gimana ? Bahaya kan, jadi hindari plugin nulled dan template nulled.
  5. Jangan menggunakan username dan password umum untuk login ke websitenya. Karena diluaran sana ada tool yang bisa digunakan untuk mengecek user & pass umum yang digunakan pada website tersebut.
  6. Hindari otak atik tema, jika sobat belum mengerti template atau plugin, jangan edit edit , nantinya akan crash atau hilang. Sebelum edit file aslinya, sobat bisa mencobanya di localhost terlebih dahulu.
  7. Jangan menginstall plugin yang tidak compatible dengan versi wordpress sobat. Karena bisa merusak website sobat.
  8. Lakukan pengecekan website menggunakan plugin security.

Mungkin segitu dulu tips umum agar website sobat tetap aman dan tidak mengalami masalah yang aneh. Jadi sobat lakukan tips di atas secara rutin. Maka masalah akan bisa diminimalisir.

Untuk lebih lanjut jika Anda berkenan menggunakan jasa Perawatan Website silahkan hubungi kami segera. Terimakasih.

 



Leave a Reply