Cara Mengetahui Post ID Wordpress

Cara Menemukan Post ID WordPress

Mungkin diantara kalian ada yang tidak mengetahui apa itu Post ID ? Yaa, post ID adalah nomor unik yang dihasilkan oleh sistem WordPress untuk mengidentifikasi setiap postingan pada website.

Jika kalian ingin mengelola website dengan lebih baik, maka ketahuilah cara mencari nomor pada postingan ID wordpress dan itu sangat penting.

Apa yang kalian dapat lakukan dengan Post ID ? Post ID adalah elemen penting untuk mengonfigurasi plugin WordPress kalian. Dengan mengetahui nomor post ID, Kalian dapat membuat pengecualian atau melakukan hal tertentu pada sebuah postingan tanpa mengganggu konten postingan yang lain pada website Anda.

Bagaimana Cara Menemukan Post ID ? Cara menemukannya sangatlah mudah. Meskipun begitu, banyak user yang kesulitan untuk menemukan post ID ini.

Pada dasarnya, ada dua cara untuk mengidentifikasi nomor ID ini, secara manual atau menggunakan sebuah plugin.

Berikut adalah berbagai langkah-langkah metode pencarian ID:

Cara Manual Mencari Post ID

Pertama, kunjungi laman admin WP.

Source image : hostinger

Seharusnya, kalian dapat menemukan semua postingan di dashboard WordPress. Jika tidak dapat menemukannya, klik all posts.

Source image : hostinger

Pilihlah postingan yang ingin kalian identifikasi. Jangan klik postingan tersebut, cukup geser kursor ke atas judulnya maka post ID akan nampak pada pojok kiri bawah di layar Kalian.

Source image : hostinger

Namun, jika Kalian bermaksud untuk menyunting postingan sekaligus mencari post ID, atau ingin menyalinnya, kalian dapat klik judul postingan tersebut. Lalu selanjutnya, kalian diarahkan ke halaman edit postingan. Perhatikan bar URL. Post ID selalu terletak di antara “post =” dan “&”.

Ingat bahwa post ID hanyalah angka, kalian tidak perlu menambahkan bagian lain dari snippet tersebut (seperti “post=” dan “&action”).

Selain dengan cara manual diatas, berikut cara mengetahui Post ID dengan menggunakan plugin.

Beberapa plugin WordPress dapat membantu Kalian untuk mencari semua hal yang mengandung spesial ID, termasuk  tagscategoriesposts, dan pages. Plugin-plugin ini sangat berguna jika Anda ingin menyortir atau mencari banyak ID dari postingan-postingan berbeda.

1. Show Pages ID

ShowPages ID adalah plugin open source yang dikembangkan oleh YYDevelopment – web developer ternama untuk WordPress. Plugin-plugin tersebut memungkinkan user untuk melihat berbagai WordPress Id seperti post ID, halaman ID, gambar ID, komentar ID, dan kategori ID.

Semua ID tersebut tampak dalam area admin WordPress.

source image : hostinger

 

2. Reveal ID

Satu plugin lagi yang berguna untuk mencari WordPress ID adalah Reveal ID. Plugin ini memiliki fitur yang serupa untuk dengan Show Pages ID, hanya saja Reveal ID dikembangkan oleh komunitas WP.

Plugin ini memiliki berbagai bahasa penunjang dan juga fitur pengurutan kolom untuk WordPress 3.1 atau versi yang lebih baru. Jika Kalian senang mencoba modifikasi kode dan fungsi, Reveal ID mungkin cocok untuk kebutuhan kalian.

source image : hostinger

Selain itu, kalian juga dapat memodifikasi kolom-kolom yang ada pada area Admin untuk membuat sebuah fungsi kustom.

Tetapi, jika kalian tidak memiliki cukup pengalaman dalam menyunting file functions.php, kami menganjurkan untuk menggunakan plugin-plugin WordPress sebagai gantinya.

Demikian artikel tentang cara mengetahui Post ID pada wordpress, terimakasih telah mengunjungi blog kami.

Jika ada pertanyaan silahkan isi pada kolom komentar dibawah.

source : hostinger



Leave a Reply