Cara Mengatasi Error Internal Server Website

Pada sebuah website sering terjadi kesalahan apapun itu, bisa jadi pada website itu sendiri atau pada hostingnya. Nah, kali ini ada case pada salah satu website berbasis CMS(Content Management System) yang dimana ketika diakses seperti pada gambar dibawah ini.

Speerti yang kita lihat disana terdapat error ‘The requsted URL was not found. Yang kami alami itu setelah ditelusuri ternyata ada yang kurang file yaitu .htaccessYang dimana salah satu fungsinya ialah mengubah default halaman index pada folder tertentu.

Oke langsung saja pada langkah langkah mengatasi error tersebut.

Yang dibutuhkan:

  • Akses ke hosting untuk website tersebut

Langkah – Langkah:

  • Silahkan login ke akun hosting Anda,
  • Setelah itu pilih File Manager->public_html.
  • Jika tidak ada file .htaccess, maka silahkan create yang baru. Klik pada menu tab disebelah atas kiri ada tambah file, lalu buat file dengan nama .htaccess setelah itu save.
  • Jika file .htaccess tidak muncul, silahkan klik menu setting pada kanan atas ada roda bergerigi, setelah itu  centang show hidden files(dotfiles).
  • Sudah ada file .htaccess nya, kita edit. Caranya klik kanan lalu klik edit lalu klik edit lagi.
  • Dan masukkan script .htaccess default(kebetulan menggunakan wordpress), untuk pengguna wordress bisa di copy script dibawah ini.

# BEGIN WordPress

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

  • Jika sudah silahkan di save. Dan check kembali website Anda.

Demikian cara mengatasi error internal server pada website. Jika ada kurangnya mohon dimaafkan, untuk yang masih belum paham silahkan isi pada kolom komentar dibawah ini.

Jika ada yang masih membingungkan silahkan tanyakan pada kolom komentar. Jika Anda berminat menggunakan jasa maintenance website kami silahkan hubungi 08566644412 a/n Fajar Alif. Terima kasih…



Leave a Reply