Cara Check Broken Link atau Dead Link atau URL Mati Pada Website

Pada kali ini, kita akan berbagi sedikit tentang bagaimana cara check broken link atau dead link atau url mati pada website wordpress atau blog kita.

Broken link ini memang berbahaya bagi performa blog atau website kita dimana mesin pencarian (search engine) google, Yandex, Yahoo! dan Bing.

Demikian pula, kepercayaan pengunjung pada blog berkurang, karena saat mereka mengklik sebuah artikel atau halaman itu. Ternyata terdapat error 404 Not Found.

Bagi kalian sobat blogger yang menanamkan link keluar, harus selalu melakukan check pada link artikel mana yang sudah tidak aktif. Biasanya, secara tidak kita sadari ketika menghapus salah satu artikel atau halaman yang ternyata terdapat link pada artikel lainnya. Lantas, bagaimana cara check broken link atau link mati.

Dan tidak mungkin juga, kalian harus mengcheck seluruh artikel atau halaman pada website yang ada satu per satu. Bisa memakan waktu yang lama. Nah, langsung saja simak langkah-langkah dibawah ini.

Ada 2 tools online yang digunakan, yang pertama Brokenlinkcheck.com dan yang kedua Siteliner.com. Tools online tersebut banyak penggunanya termasuk mimin sendiri hehe..

Tetapi menurut mimin sih yang praktis menggunakan brokenlinkcheck.com, tetapi itu pendapat masing-masing saja bebas menggunakan apapun itu yang penting bisa check brokenlinknya.

Okee… Langsung saja mimin menggunakan yang pertama.

Broken Link Check

  • Silahkan masuk ke situs brokenlinkcheck.com
  • Masukkan url atau alamat blog/website kalian, seperti pada gambar dibawah ini, lalu tekan Find broken links

  • Masukkan Security code dan pilih report all occurrences of each dead link (may be slower). Kemudian klik find broken links now!
  • Jika sudah berhasil check website kalian, maka akan muncul alert seperti dibawah ini,
Nah, di atas ini menunjukkan bahwa ada kesalahan pada halaman atau url yang ada. Silahkan untuk di hapus atau di redirect ke halaman yang ada. Lalu, jika kalian tidak menemukan broken link atau link mati. Maka bersyukurlah… tapi kalian musti check link yang ada pada website secara berkala.

Demikian pemabahasan cara check broken link atau link mati atau dead link ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika kalian merasa kesulitan, silahkan isi pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih ..  🙂



Leave a Reply