Atasi Error “The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini”

Pada kali ini kami akan membahas error seperti pada judul diatas, penyebab error tersebut salah satunya ketika kita mengupload salah satu media ke dalam website tetapi melebihi batas max upload filesize alias ukuran filenya.

WordPress mempunyai batas ukuran maksimal. Batas ini berbeda – beda, tergantung dari penyedia hostingnya. Pengaturan ini terdapat pada kontrol panel ada pada menu PHP. Ketika Anda melanggar batasan ini akan muncul error The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini. 

Sering kali masalah ini muncul terhadap website dengan konten yang sangat banyak. Dan langsung saja pada tahapan untuk mengatasi error The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini. Ikuti langkah – langkah dibawah ini.

  1. Opsi 1. Edit .htaccess

Cara yang paling mudah ialah dengan mengedit file .htaccess, tetapi untuk sebelumnya Anda mesti membackup dulu file .htaccess nya. Jika sudah di backup atau di donwload silahkan klik kanan dan klik edit. Lalu copy script berikut. Script tersebut ditambahkan pada baris terakhir.

php_value upload_max_filesize 256M

Setelah itu save, dan segera check dengan cara mengupload ulang media file. jika masih error  maka perlu ditambahkan script berkiut. Script tersebut ditambahkan pada baris terakhir.

php_value post_max_size 256M
php_value memory_limit 512M
php_value max_input_time 180
php_value max_execution_time 180

Setelah selesai silahkan save ulang. Dan lakukan check pada website Anda ini kemungkinan besar pasti berhasil. Jika masih error silahkan hubungi provider hosting Anda.

  1. Opsi 2. Edit wp-config.php

Cara mengatasi The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini yang lainnya ialah dengan mengedit bagian file wp-config.php dengan cara menambahkan script berikut. Seperti biasa di backup terlebih dahulu takut terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Untuk script ini silahkan tambahkan pada baris terkahir.

@ini_set(‘upload_max_size’ , ‘256M’ );

Dan save kembali, setelah itu lakukan check lagi di website Anda. jika sudah teratasi maka ucapkan syukur:)

Demikian beberapa cara untuk mengatasi The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini untuk cara yang lain akan di upload lusa saja hehe… ini untuk cara yang level mudah nya jadi yang baru belajar juga bisa langsung paham.

Jika ada yang masih membingungkan silahkan tanyakan pada kolom komentar. Jika Anda berminat menggunakan jasa maintenance website kami silahkan hubungi 08566644412 a/n Fajar Alif. Terima kasih…



Leave a Reply