Aplikasi EndCorona Ciptaan Mahasiswa UI, Simak Selengkapnya Disini!

Penjuru Media – Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi menciptakan platform penyedia asesmen risiko terkena virus corona (Covid-19), platform tersebut bernama EndCorona. Gunanya untuk mendeteksi secara mandiri serta mencegah berkembangnya berita hoax terkait Covid-19.

Mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Kedoteran UI (FKUI) dan Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI), bersamaan dengan supervisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo(RSCM).

Dikutip pada website endcorona.fk.ui.ac.id, pada Jumat (3/04/2020), dijelaskan bahwa aplikasi EndCorona telah dapat diakses di encorona.fk.ui.ac.id atau melalui endcorona.id melalui komputer atau ponsel.

Sementara saat ini, aplikasi tersebut juga bisa diinstall di perangkat berbasis Android dalam bentuk apk. Namun, aplikasi EndCorona ini akan segera hadir secara resmi di Play Store dan App Store.

Untuk Anda yang mau download aplikasi EndCorona ini silahkan klik pada link berikut.

Tampilan dashboard pada aplikasi EndCorona

Fitur EndCorona

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Ada salah satu fitur yaitu asesmen gunanya untuk mengetahui kondisi diri sendiri mengenai risiko mengalami Covid-19. Asesmen ini ada 4 kategori kerentanan mengidap Covid-19 yaitu risiko rendah, hati-hati, rentan, dan sangat rentan.

Dibawah ini gambar pada menu Asesmen.

Gambar ini diambil langsung pada aplikasi EndCorona di menu Asesmen. (Aplikasi EndCorona)

Kajian pada aplikasi tersebut di awasi langsung oleh tim pembimbing FKUI-RSCM dari jurnal ilmiah terpercaya serta rekomendasi nasional dan internasional berbasis bukti.

EndCorona juga hadir dengan kanal informasi dan edukasi untuk masyarakat menemukan pengetahuan yang benar berdasarkan Ilmu Kedokteran, memberikan informasi, situasi terkini dan mencegah berita hoax mengenai Covid-19.

Kanal pembelajaran dan berita seputar Covid-19. Diambil langsung pada aplikasi EndCorona

Berikut juga pada tampilan beranda aplikasi EndCorona ada link penting seperti Peta RS Rujukan Covid-19 Indonesia, WHO dan lain-lain. Guna mendapatkan informasi penting.

Pranala atau link penting. Diambil langsung pada aplikasi EndCorona

Hasil asesmen aplikasi EndCorona

Sebelum pernyataan asesmen dilanjut, ada pemberitahuan seperti pada gambar diatas. Gambar diambil dari aplikasi EndCorona

Sebelumnya rangkaian pertanyaan tersebut sudah dirancang dan di desain khusus oleh tim FKUI.

Jika Anda sudah mengisi pertanyaan maka muncul seperti pada gambar dibawah ini.

Hasil admin setelah menjawab pertanyaan asesmen.

Pada gambar diatas admin mendapatkan hasil Risiko Rendah, jadi untuk yang ingin mencoba aplikasi tersebut silahkan download pada link diatas yang sudah di berikan. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini 🙂

Apabila Anda mendapatkan hasil Rentan atau Sangat Rentan, dianjurkan untuk menghubungi hotline yang tertera di platform EndCorona.

source : liputan6.com



Leave a Reply