Apakah iPhone 5s Mesti di Upgrade ke iOS 12 ?

Sistem operasi iOS 12 resmi meluncur. Sistem operasi ini membawa sejumlah fitur baru dan menjanjikan performa yang lebih cepat dari iOS sebelumnya. iOS 12 juga diklaim dapat membuat iPhone lawas seperti iPhone 5s menjadi lebih cepat dan ringan dari sebelumnya.

Peningkatan yang dibawa iOS 12 juga diklaim cukup signifikan dan bisa dirasakan ketika membuka keyboard, membidik foto, atau pekerjaan lainnya. Meski demikian, pengguna gadget Apple lawas masih seringkali merasa khawatir untuk melakukan upgrade iOS meski perangkatnya didukung.

Alasannya tentu saja khawatir kinerja bakal menurun seiring dengan hadirnya kemampuan baru. Namun sepertinya hal itu tidak terjadi pada iOS 12. Sistem operasi terbaru ini ternyata memang membuat gadget lawas seperti iPhone 5s jadi terasa lebih ngebut ketimbang saat menggunakan iOS 11.

Inilah yang terlihat dari hasil pengujian yang dilakukan GSM Arena. Mereka melakukan uji coba dengan menginstal iOS 12 pada iPhone 5s yang telah berusia lebih dari 4 tahun. Hasilnya, performa ponsel memang terasa lebih baik ketimbang saat menggunakan iOS 11. Animasi yang berjalan saat membuka menu jadi lebih cepat dan minim lag.

Namun perlu diingat, animasi yang berjalan lancar bukan berarti performanya jadi lebih baik. Meski telah diupdate ke iOS 12, ada beberapa masalah yang terjadi karena keterbatasan jumlah RAM. Sebagaimana kita tahu, iPhone 5s memang hanya memiliki RAM sebesar 1GB dan itu sangat minim untuk menjalankan aplikasi di tahun 2018 ini yang sangat rakus RAM.

Saat dilakukan pengujian, ponsel masih terasa lancar jika pengguna hanya membuka 3 sampai 4 aplikasi secara bersamaan. Lebih dari itu ponsel mulai tersendat dan aplikasi akan tertutup secara paksa dan diperlukan waktu untuk membuka kembali aplikasi. Dari hasil pengujian lain, iOS 12 masih cukup nyaman ketika menjalankan aplikasi Twitter dan Instagram. Pengguna masih bisa melakukan scrolling sampai bawah dengan lancar dan minim lag.

Namun ponsel akan mulai tersendat jika pengguna membuka video-video lawas di Instagram. Hal ini terjadi karena GPU iPhone 5s tak sepenuhnya dapat mengimbangi kebutuhan aplikasi terkini. Kinerja GPU akan sedikit terganggu dan membuat angka fps menjadi turun.

Kendati demikian, iOS 12 memang membuat iPhone 5s terasa lebih cepat ketimbang iOS 11. iOS 12 membuat iPhone 5s setidaknya masih bisa hidup dalam beberapa waktu ke depan. Ini dikarenakan animasi yang berjalan tanpa lag dan adanya beberapa peningkatan lain. iOS 12 cukup direkomendasikan untuk pengguna iPhone 5s yang masih ingin menggunakan perangkatnya dalam beberapa waktu ke depan. Terlebih, iOS 12 ini sangat direkomendasikan untuk perangkat lawas yang masih menggunakan iOS 11 agar perangkat bisa berjalan dengan lebih smooth dan ringan.

Sebelumnya kanal YouTube iApple Bytes juga melakukan percobaan serupa. Mereka menggunakan dua unit iPhone 5S keluaran tahun 2013 untuk dibandingkan. Satu perangkat telah diupgrade ke iOS 12 dan yang satunya masih menggunakan iOS 11. Hasilnya, perbedaan itu sudah tampak jelas sedari awal. Waktu booting iPhone 5S dengan iOS 12 beta 8 hampir 20 persen lebih cepat dari iPhone 5S dengan iOS 11.4.1. Begitu juga saat melakukan aktivitas lain, mulai dari scrolling message hingga membuka album foto iOS 12 beta 8 selalu lebih gesit, bahkan saat membuka keyboard on-screen bawaan iPhone pun lebih cepat. Jadi untuk Anda pengguna iPhone 5s, tak ada salahnya untuk mencoba iOS 12 diinstal pada perangkat Anda.



Leave a Reply