Apa itu SSL dan Seberapa Penting SSL itu?

SSL merupakan metode enkripsi yang diterapkan untuk mengamankan koneksi antara pengguna(user browser) dengan website atau suatu situs berbagai lainnya. Website yang menggunakan SSL akan mengenkripsi setiap data yang di kirimkan(transmit) maupun diterima(receive), sehingga membuat para hacker sulit untuk menyeludup atau berusaha membaca data yang sedang diproses.

Website yang menggunakan SSL akan menverifikasi setiap koneksi atau proses pertukaran data yang terjadi. SSL mempunyai sertifikat khusus yang digunakan untuk proses identifikasi danverifikasi. Sertifikat SSL berpasangan, ada yang dipasang pada website, ada juga yang dipasang di server.

Adanya sertifikat SSL ini mengharuskan website dan server mempunyai 1 sertifikat enkripsi. Jika sertifikat SSL di website dan server berbeda, maka browser akan memperingati user(pengguna) dengan memunculkan pesan tidak aman. Seperti pada gambar dibawah ini.

Google adalah salah satu browser yang sangat populer dipenjuru dunia, saat ini tidak hanya memunculkan pesan tidak aman saja bagi website yang sertifikat SSL berbeda dengan server. Akan tetapi, semua website yang tidak memiliki SSL akan muncul pesan tidak aman(not secure), jika dibuka dengan browser Google Chorme.

Pesan tidak aman pada suatu situs, tentu saja menimbulkan kesan buruk terhadap pengunjung/visitor website terhadap bisnis Anda. Maka dari itu, sangat di anjurkan untuk menggunakan SSL pada website Anda.



Leave a Reply