Apa Itu DNS Cache dan Cara Menghapus DNS Cache

Apa itu DNS Cache?

DNS Cache atau kadang bisa juga disebut DNS Resolver Cache merupakan database sementara pada sistem operasi komputer yang menyimpan rekaman data IP dari nama domain yang sebelumnya telah dikunjungi oleh pengguna komputer.

Apa tujuan DNS Cache?

Internet bergantung pada DNS (Domain Name System) untuk mengindeks semua situs web yang ada di publik dan alamat IP dari situs web. Setiap kali pengguna mengunjungi sebuah situs web menggunakan nama domain (contohnya “penjurumedia.co.id“), web browser pengguna akan melakukan permintaan ke Internet.

Setelah Anda memasukkan alamat misal penjurumedia.co.id, itu akan mencari informasi DNS di cache lokal terlebih dahulu. Jika menemukan cachenya, maka akan menggunakan cache tersebut untuk mengunjungi situs web yang Anda pilih.

Akan tetapi, jika Anda belum pernah memsauki web tersebut. Maka, terjadilah permintaan ini tidak dapat diselesaikan sebelum nama domain dari situs web tersebut diubah menjadi alamat IP. Proses perubahaan tersebut bisa disebut dengan Name Resolution, nah dalam hal ini DNS lah yang akan bekerja dan ini akan memakan waktu tentunya. DNS Cache mencoba untuk meningkatkan kecepatan proses diatas dengan cara menangani proses Name Resolution sebelum permintaan dikirim ke Internet.

Bagaimana cara kerja DNS Cache?

Illustrasi ini diambil dari wpbeginner.com

Jika Anda mengalami masalah ketika melakukan pengunjungan ke salah satu web, misal ada error DNS NXDOMAIN PROBE. Kemungkinan disana ada pembaruan pada hostnya, atau bisa dilihat error pada gambar dibawah ini.

Kemungkinan bermasalah pada DNS Cache lokal atau pada Laptop Anda. Untuk cara mengatasi nya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Windows

Cara untuk membersihkan DNS Cache pada windows sebagai berikut.

  • Silahkan WINDOWS+R atau ketik pada Start CMD,
  • Setelah itu, silahkan ketikkan ipconfig/flushdns. Selesai
  1. Mac

Cara bersihkan DNS Cache pada MacOS sebagai berikut,

  • Anda perlu menjalankan aplikasi Terminal. Atau Anda dapat menjalankan dengan membuka Finder dan masuk ke folder Applications »Utilities .
  • Setelah itu ketikkan sudo killall -HUP mDNSResponder, Jika Anda menggunakan kata sandi, silahkan masukkan kata sandi seperti pada awal membuka mac Anda. Selesai
  1. Google Chrome

Cara bersihkan DNS Cache menggunakan Google Chrome sebagai berikut,

  • Silahkan ketikkan pada alamat url nya chrome://net-internals/#dns,
  • Lalu klik pada Clear host cache. Selesai
  1. Linux

Cara bersihkan DNS Cache pada Linux sebagai berikut,

  • Ketikkan etc/rc.d/init.d/nscd restart. Selesai

Demikian Penjelasan tentang DNS Cache mulai dari pengertian DNS Cache hingga cara membersihkan DNS Cache, semoga bermanfaat. Jika masih ada yang kurang silahkan isi pada kolom komentar. Terima kasih.

source:

indoworx.com : https://www.indoworx.com/apa-itu-dns-cache-dan-bagaimana-cara-kerjanya/ , terakhir di akses 04 Desember 2019

wpbeginner.com : https://www.wpbeginner.com/wp-tutorials/how-to-clear-your-dns-cache-mac-windows-chrome/ , terakhir di akses 04 Desember 2019



Leave a Reply